Nigeria Tertarik Gunakan Produk Industri Kereta Api Indonesia

13 October 2017


Kementerian Luar Negeri c.q Direktorat Afrika bekerja sama dengan KBRI Abuja mendorong dan memfasilitasi pertemuan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dengan Menteri Transportasi Nigeria, Hon Chibuike Rotimi Amaechi beserta delegasi di Jakarta, Rabu (11/10).

Pertemuan bertujuan untuk membahas dan menjajaki berbagai potensi kerja sama sektor transportasi kedua negara, baik dalam bentuk kerja sama perdagangan (jual beli produk), investasi serta pendidikan dan pelatihan (capacity building).

Pertemuan tersebut turut dihadiri antara lain oleh Dubes RI Abuja, beberapa pejabat eselon I dan II Kementerian Perhubungan serta wakil dari Direktorat Afrika.

Menteri Nigeria kepada Menhub RI menyampaikan bahwa negaranya berminat untuk menggunakan produk-produk industri perkeretaapian RI dalam mengembangkan sektor transportasi darat Nigeria. Ia berharap Indonesia bisa memberikan penawaran yang menarik termasuk skema pinjaman pembiayaan atau dalam bentuk loan seperti dilakukan oleh negara kompetitor lainnya.

Dalam kaitan ini, selama tiga hari ke depan Direktorat Afrika berkoordinasi dengan stakeholders lain telah mempersiapkan kunjungan lapangan Menteri Nigeria beserta delegasi ke PT INKA di Madiun dan mempertemukan mereka dengan Eximbank Indonesia pada kesempatan terpisah.

Kedua Menteri juga membahas berbagai peluang investasi sektor transportasi di Nigeria yang dapat dimanfaatkan Indonesia, serta bantuan pendidikan dan pelatihan bidang transportasi oleh Indonesia kepada Nigeria.


Sumber 

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved