Dirut: Inka Ditawari Bangun Pabrik di Mesir

01 April 2017

Lokomotif buatan PT Industri Kereta Api (Inka) di Madiun (ilustrasi)

Direktur Utama PT Industri Kereta Api (Inka) R Agus H Purnomo mengaku ditawari membangun pabrik di Mesir sekaligus mengembangkan pusat pembuatan kereta api di pasar internasional.


"Mesir menawari kami untuk membangun pabrik pembuatan kereta api di sana," ujarnya kepada wartawan di sela pelepasan ekspor gerbong kereta api tahap pertama di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis (31/3).


Secara umum, pihaknya mengaku siap jika PT Inka juga memiliki pabrik di Mesir, asal mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Pusat, termasuk faktor penganggaran. "Berat memang membangun di sana karena pekerja dan keuangan harus benar-benar mendukung. Tapi kalau dimodali, ya kami siap-siap saja," ucapnya.


Selain mendapat tawaran membangun pabrik di Mesir, PT Inka saat ini mengikuti proses tender di beberapa negara dan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, terutama Pemerintah Pusat agar mampu memenangkannya.


Usai membuktikan mampu mengekspor 150 unit gerbong kereta api penumpang ke Bangladesh senilai 72,3 juta dolar AS, sekarang BUMN yang berlokasi pusat di Madiun, Jawa Timur, tersebut kembali mengikuti tender di Bangladesh dengan nilai tender 120 juta dolar AS.


Sumber


© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved