Hut ke-70 RI Jadi Momentum Peletakan Batu Pertama Proyek LRT

25 May 2015

Pemerintah berencana melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta, bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Kemerdekaan RI, pada 17 Agustus 2015 mendatang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengatakan, pembangunan jalur LRT itu tidak memerlukan pembebasan lahan. Karena akan memakai jalur tol, dari Bogor – Cawang, Cawang – Dukuh Atas, kemudian Bekasi – Cawang, Cawang – Dukuh Atas.
 
“Jadi, pakai jalur tol,” kata Basuki di Kantor Presiden, seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Presiden (setkab.go.id), Kamis 21 Mei 2015.
 
Basuki menegaskan, pembangunan LRT ini tidak menggunakan konsorsium, tetapi dengan skema penugasan langsung Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Adhi Karya Tbk.  BUMN itu bertanggung jawab mengerjakan proyek itu sampai tuntas dan dapat dioperasikan pada 2018 mendatang.
 
Mengenai nilai investasi yang ditanamkan untuk pembangunan LRT itu, diperkirakan sebesar Rp24 triliun.
 
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Adhi Karya, Kiswodarmawan, mengatakan Presiden Joko Widodo berharap, rute LRT itu nantinya akan melalui seluruh Jabodetabek, yaitu Bogor menuju Jakarta dalam hal ini lewat Cawang, dan menggunakan jalur tepi tol.
 
"Alhamdulillah beliau (Jokowi) sudah memberikan izin untuk menggunakan tepinya tol. Bekasi lewat tepinya tol menuju tol kota, diharapkan sampai Bandara Soekarno – Hatta," kata Kiswodarmawan.
 
Dia mengaku belum menghitung secara detail, kalau pembangunannya diputuskan sampai ke Bandara Soekarno Hatta. Rencana awal, panjang jalur LRT yang akan dibangun kurang lebih 72 kilometer. Namun, investasi yang dibutuhkan dapat dihitung berdasarkan jarak, yaitu antara Rp200 miliar – 300 miliar per kilo meter, sudah termasuk investasi pengadaan kereta.
 
Mengenai kereta yang akan digunakan untuk LRT itu, menurut Kiswo, saat ini masih dalam tahap beauty contest mulai Korea, Jepang, dan China. PT Industri Kereta Api (INKA) dilibatkan dalam proses pembuatan kereta yang digunakan.
(sumber:

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved