Tanjung Perak Segera Miliki Monorel Khusus Petikemas

22 May 2015

Ilustrasi. Foto: indoduniatekno.blogspot.com

PT Pelabuhan Indonesia III segera realisasikan pembangunan monorel khusus petikemas yang akan menghubungkan antara beberapa dermaga yang ada di sekitar Tanjung Perak, Surabaya.


"Pembangunan monorel ini sekaligus untuk mendukung telah rampungnya pembangunan Terminal Teluk Lamong," kata Yon Irawan, Sekretaris Perusahaan PT Pelindo III, Kamis (21/5/2015).


Menurut Yon Irawan, pembangunan monorel ini akan berbentuk eleveted sehingga jalur rel yang dibangun akan melintang di atas beberapa pelabuhan yang akan dilewati.


Yon mengatakan, pembangunan monorel Petikemas ini merupakan kerjasama antara PT Industri Kereta Api (INKA), Lembaga Elektronika Nasional, serta PT Adikarya. "Dana yang kami siapkan sekitar Rp2 triliun," kata dia.


Nantinya, monorel ini akan memanjang sekitar 15 kilometer dari pelabuhan Kalimas ke pelabuhan Jamrud, Nilam lantas ke Terminal Petikemas hingga ke Terminal Leluk Lamong.


Selain monorel, PT Pelindo saat ini juga terus mematangkan rencana penyambungan double trek rel kereta api hingga masuk ke Terminal Teluk Lamong.


"Jalur khusus dari Teluk Lamong ke tol juga kita matangkan. Semua ini untuk mendukung kelancaran logistik sehingga tak menambah kemacetan di jalan raya," ujarnya.


Sementara itu, Terminal Teluk Lamong sendiri rencananya akan diresmikan oleh Joko Widodo Presiden pada hari Jumat (22/5/2015) besok.

sumber:

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved