Kereta Api Cepat Jakarta Bandung akan Dibangun di Atas Jalan Tol

30 April 2015

Ilustrasi : Kereta penumpang produksi PT INKA (Persero)

Niat Pemerintah Indonesia memiliki kereta cepat, seperti Shinkansen yang ada di Jepang, bukan sekadar isapan jempol. Selain Jepang, investor asal China juga tertarik untuk menggarap proyek tersebut.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, pada akhir Juni atau awal Juli mendatang, kajian yang dilakukan oleh pihak China diperkirakan selesai. "Akhir Juli sudah final untuk financial feasibility study (FFS)," kata Rini, akhir pekan lalu.

Agar tidak sulit dalam pembebasan lahan, rencananya pembangunan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung tersebut akan memanfaatkan areal jalan tol. Meski masih dalam tahap pengkajian, nantinya jalur kereta tersebut akan dibangun di atas jalan tol atau samping jalan tol.[Baca: Pembangunan Rel Kereta Api Penumpang Perlu Rp 88 Triliun]

Rini mengatakan, pembangunan proyek tersebut juga akan melibatkan perusahaan dalam negeri. Hal ini lantaran perusahaan dalam negeri belum ada yang berpengalaman terhadap pembangunan proyek kereta api cepat tersebut.

Setidaknya, perusahaan lokal yang masuk dalam konsorsium pembangunan jalur kereta cepat tersebut adalah PT Wijaya Karya (Wika), PTPN VIII, Inka, dan LEN Industri. Perusahaan yang dilibatkan dalam proyek kereta cepat terebut memiliki keahlian masing-masing.

Dengan keterlibatan PTPN VIII tersebut, diharapkan persoalan pembebasan tanah tidak akan menjadi kendala. "PTPN VIII lahannya besar sehingga tidak sulit mencari lahan," ujar Rini.

Proyek pembangunan kereta api cepat ini diperkirakan membutuhkan waktu sekitar tiga tahun. Alhasil, jika tahun ini proyek ini dapat dilakukan, pada tahun 2018 mendatang, kereta api cepat sudah dapat dioperasikan.
Corporate Secretary PT Wijaya Karya Suradi mengatakan, penugasan Wijaya Karya sebagai lead konsorsium dari proyek kereta api cepat baru diterima secara lisan. Perusahaan tersebut belum mengantongi instruksi resmi.

sumber:

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved