Pembebasan Lahan Kereta Bandara, Sudah Beres

23 April 2015

PT Kereta Api Indonesia menyatakan bahwa proyek pembangungan jalur kereta api Bandara Soekarno Hatta sudah siap dari segala aspek.

Salah satu kesiapan aspek tersebut, termasuk dalam permasalahan pembebasan lahan yang nantinya dijadikan jalur-jalur baru untuk perlintasan KA Bandara Soetta.
"Semua sudah beres, tinggal menunggu sertifikasi tanah yang akan dikeluarkan oleh BPN (Badan Pertanahan Nasional)," ujar Direktur Keuangan PT KAI, Kurniadi Atmosasmito, di Jakarta, Senin (20/4/2015).

Kurniadi mengatakan, setelah persiapan dalam bentuk teknis sudah dinilai matang. Bahkan, proyek yang menghabiskan dana Rp2,5 triliun ini rencanya ditargetkan rampung pada tahun 2016 mendatang.
Hal itu dapat terlihat dari sudah keluarnya sertifikasi dan ground breaking pembangunan proyek jalur KA Bandara tersebut

"Karena dari BPN mengeluarkan pernyataan kapan dikeluarkan, akan tetapi target pembangunan akhir 2016 selesai," katanya.

Dalam proyek pembangunan KA bandara, lanjutnya, PT KAI bertugas dalam hal pembangunan prasarana dan infrastruktur, seperti berupa pengadaan lahan, signaling (pertukaran informasi), listrik aliran atas, dan pembangunan stasiun di luar kawasan Bandara Soekarno-Hatta.

PT Railink sebagai perusahaan patungan PT KAI dan PT Angkasa Pura II, bertugas melakukan pengerjaan penyediaan sarana kereta bandara. Saat ini, PT Railink menyiapkan 10 KA yang dipesan dari PT Industri Kereta Api (Inka).

Kurniadi berharap, pengerjaan proyek ini bisa selesai tepat waktu, yakni dalam 14 bulan sampai 18 bulan mendatang. Sehingga, KA yang dipesan dari PT Inka tersebut segera dikirimkan.

Seperti diketahui, total biaya pembangunan KA Bandara Soekarno-Hatta memakan biaya Rp2,5 triliun. Dana itu terdiri dari pinjaman sebesar Rp2 triliun dari empat bank yang diajak kerja sama oleh PT KAI.
Keempat bank yang dimaksud, antara lain BCA, Bank Mandiri, BNI dan BRI. Sisanya, sebesar Rp500 miliar akan menggunakan dana kas KAI dan Railink.


sumber

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved