Railbus Pekan ini Dioperasikan

02 February 2015

Railbus Bathara Kresna yang tahun 2013 diluncurkan Menteri Perhubungan (Menhub) Freddy Numberi (saat itu), dijadwalkan akhir pekan ini mulai dioperasikan secara reguler melayani rute Solo - Wonogiri. Namun armada buatan PT Industri Nasional Kereta Api (Persero) Madiun ini hanya dioperasikan satu kali perjalanan pergi pulang per hari, karena dikhawatirkan mematikan alat transportasi umum bus.


"Semula railbus memang akan dioperasikan tiga trip per hari (pergi pulang) dengan tarif tiket Rp 4.000 sekali jalan. Namun, rencana tersebut memperoleh reaksi keras dari kru ataupun pengusaha bus yang selama ini melayani rute Solo - Wonogiri. Mereka khawatir, operasional railbus dengan frekuensi tiga trip per hari serta harga tiket Rp 4 ribu, akan mematikan bus yang mematok tarif Rp 10 ribu,"jelas Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Yosca Herman Sudrajat.


Karena itu, kata Yosca dalam rapat koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) selaku operator railbus, pemkot meminta frekuensi perjalanan sementara hanya satu trip per hari. Berangkat pada pagi, ujarnya, lalu kembali ke Solo pada sore hari, seperti halnya jadwal perjalanan KA Punakawan yang pernah dioperasikan pada jalur yang sama beberapa tahun silam.


Sejauh ini, menurut Yosca, koordinasi persiapan operasional railbus masih dilakukan, terutama menyangkut hal-hal teknis. Soal jalur rel KA yang selama ini menjadi kendala utama operasional railbus hingga tertunda beberapa tahun, sejauh informasinya, hampir tak ada masalah lagi. Saat ujicoba railbus beberapa pekan lalu, semua berjalan lancar.


Menjawab pertanyaan rencana pembangunan tempat pemberhentian railbus di dalam kota, Yosca menyebut, sejauh ini masih dalam kajian mendalam. Sesuai Standart Operasional Prosedure (SOP) perjalanan KA, ujarnya, tempat menaikkan dan menurunkan penumpang, hanya di stasiun KA.
Sumber: www.krjogja.com

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved