INKA Produksi 150 Kereta Penumpang Untuk Bangladesh

03 December 2015

Proses Pengerjaan Kereta utnuk Bangladesh Railway di Workshop PT INKA (Persero)

PT INKA (Persero) memenangkan tender pengadaan 100 kereta penumpang Meter Gauge (MG) dan 50 kereta penumpang Broad Gauge (BG) untuk Bangladesh Railway Company. Proyek ini dibiayai oleh Asian Development Bank (ADB). Dengan adanya proyek ini, INKA kembali berhasil menembus pasar ekspor dalam memasarkan produk kereta unggulan Indonesia.

Kebutuhan yang mendesak akan transportasi kereta di Bangladesh melatarbelakangi tender ini. Apalagi, kereta yang ada saat ini telah beroperasi lebih dari 30 tahun lamanya. Pemerintah Bangladesh berniat untuk memenuhi kebutuhan transportasi bagi masyarakatnya.

Saat ini, perkeretaapian Bangladesh memiliki sebanyak 1182 kereta MG. Separuhnya telah beroperasi lebih dari 30 tahun lamanya.  Untuk kereta BG, ada sebanyak 324 kereta dan separuhnya juga telah beroperasi lebih dari 30 tahun.  Selain itu, beberapa kereta dinilai tidak laik jalan. Parahnya lagi, hanya tersedia 18 kereta yang dilengkapi dengan pendingin ruangan.

Daerah operasional terbentang dari barat hingga timur negara Bangladesh. Kereta BG akan dioperasikan di area barat dan area timur untuk kereta MG.

INKA berhasil memenangkan tender ini setelah berkompetisi dengan perusahaan-perusahaan kereta negara lain seperti China (CNR Tangshan and CSR Nanjing Puzhen) dan India (RITES INDIA). Berkat kesiapan dan Tim yang solid, INKA berhasil membuktikan bahwa industri kereta api milik anak bangsa mampu bersaing di dunia internasional.

Tender ini merupakan tender kedua setelah INKA memenangkan tender pada tahun 2006 untuk 50 kereta BG. Kereta-kereta yang diekspor ke Bangladesh antara lain; kereta tidur/ sleeper carriage (WJC TYPE COACHES), kereta penumpang kelas eksekutif/ executive passenger coach (WJCC TYPE COACHES), kereta makan/ dining car (WECDR TYPE COACHES) dan juga kereta pembangkit/ power car (WPC TYPE COACHES).

PT INKA (Persero) memenangkan tender atas pengerjaan proyek pengadaan kereta penumpang sebanyak 100 MG dan 50 BG. PT INKA (Persero) telah menyiapkan tender ini selama 22 bulan. Dan, kontrak ditandatangani pada akhir November 2014 dan diharapkan pengerjaan proyek selesai pada akhir Juli 2016. Kereta yang akan disupply antara lain 13 Unit MG Air Conditioned  Sleeper Carriage –WJC; 24 Unit executive passenger cars (MG Air Conditioned  Chair Car -WJCC); 36 Unit non-AC economy passenger car (MG Shovan Carriage (Chair Car)-WEC); 13 Unit dining car (MG Shovan Carriage (Chair Car) with pantry and guard brake-WECDR); 8 Unit Power car (MG Composite Power Car-WPC);  6 Unit MG First Class Sleeper carriage (MG First Class Sleeper – WFC.

Sedangkan untuk kereta BG antara lain 4 unit kereta tidur/  sleeper carriage (BG Air Conditioned  Sleeper Car – WJC); 4 Unit first class passenger coach (BG Air Conditioned  Chair Car – WJCC); 4 Unit sleeper carriage (BG First Class Sleeper – WFC); 25 Unit Non AC-passenger cars (BG Shovan Chair Car – WEC); 8 Unit dining car (BG Shovan Chair Car with pantry and guard brake – WECDR); 5 Unit Power car (BG Shovon Carriage (Chair Car) and Power Car – WEPC).

Kereta buatan PT INKA (Persero) di atas merupakan kereta yang didesain khusus sesuai dengan permintaan pihak Bangladesh Railway.  Tentu saja, desain yang dibuat mengutamakan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya.

Material dan komponen yang digunakan telah dibahas sebelumnya pada kontrak dan juga merupakan standard internasional, sebagai contoh:

  1. Bangladesh Railway Standard Specifications (BRS)
  2. British Standard Specification (BS)
  3. Deutsche Industrial Norms (DIN)
  4. Japanese Industrial Specifications (JIS)
  5. Union Internationale Des Chemins De Fer (UIC)

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved