Bangga Kereta LRT Palembang Produksi PT INKA (Persero)

12 April 2018

Penurunan trainset kereta LRT dari atas kapal  yang tiba  di pelabuhan Boombaru Palembang, Rabu (11/4) setelah sebelumnya berangkat dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri, Rabu malam (11/4) meninjau langsung kedatangan dua trainset yang dikirim PT INKA dari Madiun di pelabuhan Boombaru, Palembang. Dengan didampingi General Manager PT Pelindo II memastikan kondisi enam (car) yang sudah ada di dermaga bongkar pelabuhan.

"Kita bangga dengan kehadiran sudah selesai dan hadirnya Light Rail Transit atau LRT di Palembang karena ini merupakan produk anak bangsa yang diproduksi BUMN PT INKA di Madiun dan kini siap dioperasikan pada saat Asian Games XVIII Agustus mendatang, kata Zulfikri, Kamis (12/4).

Zulfikri yang didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Ditjen Perkeretapian Kemnhub Suranto dan Kepala Divisi Jaringan Depo dan Stasiun LRT Sumatera Selatan(Sumsel) Yanril Haigman selanjutnya melakukan supervisi merangkai LRT di track Depo Jakabaring. Kemudian mulai melaksanakan tahapan pengujian sarana LRT untuk memastikan bahwa rangkaian LRT memenuhi persyaratan teknis dan terjamin kelaikan operasinya

Menurutnya, pengujian meliputi uji rancang bangun dan rekayasa yaitu uji ketepatan atau kesesuaian antara rancang bangun dan fisik sarana perkeretaapian meliputi rangka dasar, badan, roda, keseimbangan berat, dan kekuatan konstruksi.

Juga dilaksanakan uji statis untuk mengetahui kondisi peralatan dan kemampuan kerja sarana perkeretaapian dalam keadaan tidak bergerak. "Serta uji dinamis untuk mengetahui kondisi peralatan dan kemampuan kerja sarana perkeretaapian dalam keadaan bergerak,"  kata Zulfikri.

Setelah memenuhi tahapan pengujian meliputi uji statis dan uji dinamis, menurut Haigman, kereta api ringan atau LRT akan mendapat sertifikasi sarana dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian dan seluruh pelaksanaan pengujian akan selesai sebelum LRT dioperasikan pada saat Asian Games 2018.

Spesifikasi satu gerbong (car) LRT produksi PT INKA tersebut memiliki lebar rel 1.067 mm, panjang 12 meter, lebar 2,6 meter, tinggi 3,6 meter, kecepatan 80 km/jam, kapasitas 534 orang, warna biru, hitam dan putih, beroperasi 18 jam/ hari  dan akan berhenti 30 detik di setiap stasiun.

Sementara itu menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Nasrun Umar menjelaskan, launching trainsetLRT untuk tahap awal PT INKA mengirim dua unit trainset  dari total berjumlah 8. Satu trainset terdiri dari tiga rangkaian gerbong atau car.

Sumber

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved