Menteri BUMN Kunjungi Lokasi Workshop Baru PT INKA (Persero)

02 July 2018

Menteri BUMN Rini Soemarno saat memberikan arahan di lokasi workshop baru PT INKA (Persero)

Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi oleh Sekretaris Menteri BUMN Imam Apriyanto Putro; Deputi Menteri Bidang Jasa Keuangan, Survei dan Konsultan, Gatot Trihargo; Deputi Industri Agro dan Farmasi, Wahyu Kuncoro; dan Deputi Pertambangan, Industri Strategis dan Media, Fajar Harry Sampurno, mengunjungi lokasi yang akan dibangun workshop baru PT INKA (Persero), di Secang, Banyuwangi pada tanggal 1 Juli 2018. Turut hadir Direktur Utama, Budi Noviantoro; Direktur Keuangan & SDM, Mohamad Nur Sodiq dan Direktur Teknologi & Komersial, Agung Sedaju beserta beberapa General Manager.

PT INKA (Persero) pada saat ini sedang berupaya untuk meningkatkan kapasitas produksi dalam rangka mendukung program pengembangan industri perkerataapian nasional maupun menjawab tantangan kebutuhan sarana kereta api dari luar negeri.

Dalam rangka meningkatkan sinergi BUMN PT INKA (Persero) bekerjasama dengan PTPN XII  memanfaatkan lahan seluas 84 hektare yang berlokasi di Desa Ketapang Kecamatan Kalipuro kabupaten Banyuwangi ini menjadi workshop manufaktur sarana kereta api baru setelah workshop yang ada di Madiun.

Pada saat ini PT INKA (Persero) sedang menyelesaikan proses perijinan dan rancang bangun pabrik modern yang akan digunakan untuk memproduksi sarana kereta api berbasis alumunium dan stainless steel. Proses pembangunan tahap pertama direncanakan mulai pada akhir 2018 dan dapat mulai beroperasi pada awal 2020. Kedekatan lokasi workshop dengan pelabuhan barang Tanjung Wangi yang dikelola oleh PT Pelindo III ini nantinya akan sangat mendukung perusahaan dalam proses pengiriman produk jadi melalui laut, baik untuk ekspor maupun untuk kebutuhan dalam negeri di luar pulau Jawa.

Selain untuk mendukung perkembangan bisnis PT INKA (Persero) berdirinya workshop ini diharapkan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan perindustrian di Kabupaten Banyuwangi dan juga perekonomian bagi masyarakat disekitar maupun masyarakat di Kabupaten Banyuwangi pada umumnya.

Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro saat bersama Menteri BUMN Rini Soemarno
Menteri BUMN Rini Soemarno saat berfoto bersama Direktur dan tim dari PT INKA (Persero)

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved