Belajar Cara Produksi Kereta, Siswa Sekolah Mengenal Nusantara Belajar Langsung ke PT INKA (Persero)

15 August 2018

Peserta Siswa Mengenal Nusantara 2018 dari Provinsi Sumatera Selatan saat berkunjung ke PT INKA (Persero)

Siswa Sekolah Mengenal Nusantara (SMN) BUMN dari Sumatera Selatan berangkat menuju Madiun, Rabu (15/8/2018) pagi. Rombongan berjumlah 23 siswa berangkat menuju Kota Brem dengan menggunakan Kereta Api. Di Madiun, mereka akan mengunjungi salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT INKA (Persero).

Di tempat ini, mereka berdiskusi bersama dengan pejabat PT INKA. Selain itu, kunjungan ini juga untuk menujukkan produksi kereta untuk negeri sendiri hingga produksi untuk luar negeri.

Untuk diketahui, Program SMN merupakan salah satu program Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang bersifat study exchange atau pertukaran pelajar antar provinsi, termasuk Jawa Timur. Event ini merupakan salah satu program BUMN Hadir Untuk Negeri yang berlangsung tiap tahun sejak 2015 lalu serta diprioritaskan untuk siswa SMA/SMK berprestasi di bidang akademik dan nonakademik.

Program ini akan berlangsung hingga akhir pekan, Minggu (19/8/2018). Sebelumnya, mereka berkegiatan di Surabaya selama tiga hari, mulai Minggu hingga Selasa (12-14/8/2018). Kegiatan SMN meliputi wawasan sosial budaya (materi pengenalan aspek budaya, pariwisata, tatanan sosial kemasyarakatan), dan wawasan pendidikan pengenalan tentang sistem pendidikan. Selain itu mereka juga belajar juga terkait entrepreneurship, pengenalan BUMN setempat, dan nusantara mengenal bela negara bekerjasama dengan menteri pertahanan di masing wilayah dan TNI setempat.

Siswa Sumatera Selatan akan diajak berkeliling di Jawa Timur, seperti mengunjungi PT INKA (Persero) untuk menujukkan Indonesia memproduksi kereta sendiri hingga produksi untuk luar negeri. Selain itu, juga mengunjungi perusahaan di bawah BUMN lainnya, misalnya, jalan tol, apartemen, PT SIER untuk pengolahan limbah dan ke lokasi industri dibawah BUMN lainnya. Seperti PT Sarinah (Persero), Perum Jasa Tirta 1, dan Perum Peruri.

Sumber

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved