Penandatanganan Kontrak 150 Kereta Penumpang Untuk Bangladesh

28 November 2014

Direktur Utama PT INKA (Persero), R. Agus H. Purnomo beserta jajaran Bangladesh Railway

Bangladesh -- R. Agus H. Purnomo, selaku Direktur Utama PT INKA (Persero) akhirnya resmi menandatangani kontrak pengadaan 150 kereta penumpang untuk Bangladesh Railway, di Dhaka, Bangladesh kemarin (27/11/ 2014).
PT INKA (Persero) menjadi pemenang tender tersebut setelah berkompetisi dengan negara lainnya seperti CHINA (CNR Tangshan and CSR Nanjing Puzhen), INDIA (Rites India). Kereta penumpang yang akan diproduksi PT INKA (Persero) ini terdiri dari 100 MG (Meter Gauge) dan 50 BG (Broad Gauge).


Nilai Kontrak sebesar US $72,4 juta ini didanai oleh Asian Development Bank. Sesuai dengan kontrak yang telah ditandatangani, PT INKA (Persero) akan menyelesaikan proyek 150 kereta MG dan BG tersebut selama 24 bulan sejak tanggal penandatanganan kontrak.


Proyek ini bertujuan untuk memenuhi permintaan pemerintah Bangladesh untuk mengganti kereta lama mereka. Saat ini, Bangladesh Railway memiliki 1182 kereta penumpang MG, dan 456 di antaranya sudah berumur lebih dari 35 tahun. Sedangkan untuk kereta BG, saat ini tersedia 324 kereta, 78 diantaranya sudah mengalami kerusakan.
Selain itu, pemerintah Bangladesh ingin meningkatkan pelayanan transportasi kereta seiring dengan kenaikan jumlah penumpang. PT INKA (Persero) sebagai pemenang tender akan memproduksi kereta yang modern, aman dan nyaman demi terciptanya kepuasan pelanggan (customer satisfaction).

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved