PT INKA (Persero) Akuisisi Saham PT Railindo Global Karya

01 December 2014

Komisaris Utama PT Railindo Global Karya, sekaligus Direktur Keuangan dan SDM PT INKA (Persero), Mohamad Nur Sodiq saat memberikan paparan

Madiun -- PT INKA (Persero) akhirnya resmi  mengakuisisi saham PT Railindo Global Karya (PT RGK)  yang sebelumnya merupakan anak perusahaan. Acara tersebut diselenggarakan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT. Railindo Global Karya, Jumat kemarin (28/11/2014).


Mewakili Direksi PT INKA (Persero) sekaligus menjabat Komisaris Utama PT RGK, Mohamad Nur Sodiq memberikan ucapan selamat dan berharap PT RGK akan jauh lebih baik. “Kita mengakuisisi PT RGK dengan harapan mengembangkan PT RGK jauh lebih besar. Banyak hal strategis yang tidak bisa dilakukan sendiri oleh PT INKA (Persero). Akuisisi di atas 90% dilakukan rangka akselerasi transfer trading. Pembagian pekerjaan ke PT RGK bisa kita laksanakan tanpa harus melalui mekanisme tender sesuai Peraturan Menteri BUMN No. Per-05/MBU/2008 jo. Per Menteri BUMN No. Per-15/MBU/2012,” ujar Mohamad Nur Sodiq, yang juga sebagai Direktur Keuangan dan SDM PT INKA (Persero).


Pada RUPSLB kali ini dilaksanakan pula serah terima Direksi  PT RGK. Direktur Utama  yang sebelumnya dijabat oleh Anton Lutfi Rahmani, digantikan oleh Ng Made Punarbawa yang sebelumnya menjabat General Manager Finishing PT INKA (Persero).


Lanjut Mohamad Nur Sodiq, pengambilalihan sebagian saham PT RGK dimaksudkan untuk menjadikan PT INKA (Persero) sebagai pemegang saham mayoritas PT RGK, sehingga PT RGK dapat menjadi vehicle untuk mendukung pengembangan bisnis PT INKA (Persero). “Bagi jajaran direksi baru ini akan menjadi tantangan besar. Jika tahun ini sales 40 M, maka tahun 2015 diharapkan minimal target 150 M. Dari proyek PPCW yang 80 M, proyek Bangladesh 80 M, Retrofit Anggrek 10-15 M. Kami berharap negosiasi  5 trainset K1 yang sedang berjalan menjadi tambahan sales bagi PT INKA (Persero) maupun PT RGK,” tambahnya.
 
Peran Penting PT Railindo Global Karya
PT INKA (Persero) memerlukan industri pendukung pemasok barang dan jasa yang memenuhi quality, cost, delivery dan service (QCDS). PT RGK merupakan salah satu perusahaan pendukung sekaligus sebagai anak perusahaan, memiliki peran yang signifikan dalam perkembangan bisnis PT INKA (Persero).


Untuk mengantisipasi perkembangan bisnis kedepan, dimana peluang bisnis service dan retail semakin luas dan untuk pelaksanaannya diperlukan fleksibilitas yang tinggi, maka PT INKA (Persero) bermaksud meningkatkan peran PT RGK dalam mendukung perkembangan bisnis PT INKA (Persero) tersebut melalui peningkatan kepemilikan saham.


PT RGK sebagai anak perusahaan yang berkedudukan di Madiun, dengan kapasitas dan kompetensi yang dimiliki, dan sebagian besar manajemen berasal dari PT INKA (Persero) sangat berpotensi untuk menjadi perusahaan pendukung pemasok barang dan jasa yang mampu memenuhi kebutuhan akan QCDS PT INKA  (Persero) dan mengembangkan bisnis service dan retail.


© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved