Kereta Penolong Buatan PT INKA (Persero) Menuju Aceh

12 December 2014

Kereta Penolong PT INKA (Persero) pesanan Ditjen Perkeretaapian

Madiun—PT INKA (Persero) mengirim satu Kereta Penolong atau Rescue Car (NNR) ke Aceh. Kereta ini rencananya akan dikirim melalui pelabuhan Tanjung Perak Surabaya 13 Desember 2014 nanti. Hal itu disampaikan General Manager Pengendalian Kualitas dan Purna Jual PT INKA (Persero), Syarief Hasari di ruang kerjanya tadi pagi (12/12).
Kereta pesanan Ditjen Perkretaapian ini memiliki beberapa ruangan. “Ruangan di dalamnya seperti ruang kru (dengan kursi tidur lipat), ruang rapat, ruang evakuasi, rak-rak untuk peralatan, ruang dokumen, ruang alat-alat pengujian, toilet, dan ruang genset termasuk gensetnya”, ujar Syarief.


Beliau juga menyampaikan berat kosong untuk kereta sendiri mencapai 36 ton dan bisa menahan hingga 10 ton beban. Kereta Penolong memiliki fasilitas genset dengan tenaga 13 KVA atau sekitar 10 KW. Genset tersebut dapat men-supply kereta lain seperti kereta penumpang ataupun pekerjaan seperti pengelasan.
Pengirimannya sendiri melalui jalur  laut dikarenakan untuk Kereta Penolong ini memerlukan rel khusus untuk melaju. "Lebar sepur/ jarak antar rel di Aceh 1,435 m, sedangkan rel di Jawa lebarnya 1,067 m. Untuk di Indonesia jalur di Aceh ini termasuk jalur khusus sehingga pengiriman tidak bisa melalui rel”, tambahnya.


Sampai berita ini diturunkan, kereta sudah berada di Mojoagung dengan menggunakan jasa commeto sejak berangkat dari Madiun Kamis dini hari kemarin.

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved