Peluncuran Kereta Banalata Express Bangladesh Railway

26 April 2019

Kereta Api buatan INKA resmi diluncurkan di Bangladesh

Kereta Banalata Express buatan PT INKA (Persero) resmi diluncurkan Kamis, 25 April 2019 kemarin pukul 09.00 waktu lokal di Kota Rajshahi, Bangladesh. Dihadiri oleh pihak perwakilan INKA dan Menteri Kereta Api Bangladesh, Nurul Islam Sujon, acara peluncuran tersebut berlangsung meriah. Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina turut ikut menyaksikan acara peluncuran tersebut melalui video teleconference. Peresmian ini menjadi momen yang membanggakan bagi Indonesia berkat kereta buatan dalam negeri. Ini kali ketiganya PT INKA (Persero) mengekspor kereta penumpang untuk Bangladesh. Duta Besar RI untuk Bangladesh Rina P Soemarno ditemui secara terpisah di sela-sela pameran Indonesia Fair 2019 di Dhaka, "Sebuah bukti nyata bahwa industri kereta api milik Indonesia mampu bersaing di pasar internasional”.


Ini merupakan satu dari rangkaian pertama dari dua rangkaian kereta yang sudah tiba di Bangladesh. Direncanakan kereta dengan rute Rajshajhi-Dhaka-Rajshahi ini akan dioperasikan non-stop untuk melayani dan meningkatkan perjalanan jalur antarkota Bangladesh. Menteri Perkeretaapian Bangladesh Nurul Islam Sujon menyatakan bahwa Bonolata Express merupakan kereta api kecepatan tinggi yang dapat mempersingkat waktu tempuh dari Rajshahi ke Dhaka dengan waktu 4,5 jam, yang sebelumnya membutuhkan waktu 6 jam.


KBRI Dhaka menyatakan bahwa pemerintah Indonesia secara aktif berupaya meningkatkan kerjasama bilateral dengan Bangladesh khususnya dibidang perdagangan dan investasi. Didukung dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) sebanyak lima kesepakatan kerjasama oleh Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungannya ke Bangladesh pada 25-27 Januari 2018 lalu. Banalata Express sendiri telah lama dinantikan oleh masyrakat Bangladesh. Dilihat dari antusias masyarakat yang datang dalam acara peluncuran kemarin.


Sumber

Sumber



© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved