Begini Suasana Kabin Bus Listrik Buatan Indonesia, Inka E-Inobus

13 April 2021

Kabin Bus listrik medium Inka E-Inobus (Foto: Kompas.com)

 PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) sedang melakukan uji coba pada bus listrik. Tentu saja tujuan uji coba ini adalah melihat keandalan bus listrik yang nantinya bisa menjadi armada TransJakarta.

Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung bus listrik yang sedang tahap uji beban dan kilometer. Salah satu bus yang sedang diuji ini adalah bus listrik medium buatan PT Industri Kereta Api (Inka), yaitu E-Inobus.

Singkatnya, secara eksterior, bus listrik medium buatan Indonesia ini memiki tampilan yang mirip dengan bus medium konvensional. Memiliki kelir putih serta akses pintu high entry di sisi kanan dan pintu biasa di sisi kiri bus.

Masuk ke kabin bus, karena dimensinya yang lebih kecil dibanding model Zhongtong dan Skywell, tentu kapasitas penumpangnya lebih sedikit. Di dalam bus hanya ada 17 kursi dengan 12 pegangan tangan, jika dijumlah, maka E-Inobus ini bisa diisi sampai 29 penumpang.

Selain itu, disediakan juga dua kursi prioritas dengan warna jok yang berbeda. Untuk model kursinya, cukup sederhana dengan bahan plastik yang kokoh serta dilapi dengan busa untuk meningkatkan kenyamanan penumpang.

Untuk fitur safety di kursi, dipasang seat belt dua titik. Kemudian di bagian atas kursi juga disediakan semacam pegangan yang tentunya bisa digunakan bagi anak kecil atau yang tangannya tidak sampai ke pengangan tangan. Untuk susunan kursinya, karena bus ini masih dalam bentuk prototipe, jadi belum disesuaikan dengan spesifikasi TransJakarta. Ketika akan dioperasikan, tentu bisa saja ada ubahan dalam jumlah kursi maupun kapasitas penumpang yang bisa diangkut dari bus ini. Baca berikutnya

Sumber

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved