Beyond Innovation, Cara Insan INKA Memaknai usia Panca Windu

29 August 2021

Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro saat memberikan potongan tumpeng kepada perwakilan panitia dalam rangka HUT ke-40 PT INKA (Persero) (29/8).

Tepat pada hari Minggu, 29 Agustus 2021 PT INKA (Persero) yang sering kita kenal dengan INKA, kini telah berusia 40 tahun. Berawal dari bengkel lokomotif saat itu, di bawah arahan Menristek sekaligus Kepala BPPT B.J. Habibie, INKA bertransformasi menjadi manufaktur sarana perkeretaapian di Indonesia.

Selama bulan Agustus 2021 ini INKA juga tetap menyelenggarakan kegiatan peringatan hari ulang tahun (HUT) internal INKA Group dengan menerapkan protokol kesehatan seperti Virtual Charity Run & Ride, kompetisi game online, hingga kegiatan yang bersifat improvement yakni 66 seri webinar inovasi dan Talkshow Direksi antar periode. Tak lupa kegiatan sosial yakni bantuan kepada 37 panti asuhan di wilayah Madiun dan sekitarnya hingga kompetisi SMK Binaan INKA.

Puncak acara diadakan secara virtual. Acara  diisi tausyiah oleh Prof. Dr. Moh Ali Aziz, M. Ag. (Guru Besar Universitas Sunan Ampel) dan konser virtual Pongky Barata (Band Jikustik).

INKA juga membawa serta nilai-nilai sejarah agar tetap diingat generasi sekarang yakni dari mana INKA berasal dan semangat karyawan pada saat itu. Hal ini bisa dilihat di video wawancara kepada pelaku sejarah produksi Si Belo Kuda Troya, kereta prototype pertama INKA (silakan cek di Youtube 'PT INKA Official').

Masuk Pasar Global, Jaga Kekompakan.

Direktur Utama PT INKA (Persero) atau INKA, Budi Noviantoro mengungkapkan di usia ke-40 ini INKA sudah dikenal bahkan hingga pasar global.  "Di awal saya masuk INKA, saya berpikir bagaimana INKA supaya lebih bisa masuk ke pasar global. Untuk masuk pasar global tidak mudah. Persaingan harga sangat ketat karena bersaing dengan China. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah mengerjakan proyek Bangladesh dan Filipina," ujar Budi.

Pilihan pertama pasar global INKA masuk Afrika karena menurutnya Afrika adalah masa depan ekonomi dunia dan INKA sudah mulai masuk. Untuk itu INKA bersinergi dengan perusahaan yang sudah worldwide yakni Stadler. Stadler sudah mau membuat sebuah JV (join venture) dengan INKA untuk membuat kereta yang berkualitas tinggi.

Untuk seluruh karyawan INKA, beliau berpesan untuk tetap jaga kekompakan.




© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved