INKA - Diktiristek Ajak Mahasiswa Bangun Bus Listrik Merah-Putih

11 March 2022

Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro saat memberikan pengarahan kepada mahasiswa magang Kampus Merdeka (11/03)

PT INKA (Persero) menggelar acara penerimaan mahasiswa magang program kampus merdeka, kerjasama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dengan PT INKA Persero Dalam rangka mendukung KTT G20 melalui bus listrik merah putih produk anak bangsa, yang bertempat di INKA Training Center, Desa Kuwiran, Kabupaten Madiun pada Jumat, 11 Maret 2021.

Acara pembukaan tersebut dihadiri langsung oleh Direktur PT INKA (Persero), Budi Noviantoro, beserta para jajaran. Acara pembukaan turut dihadiri oleh 47 mahasiswa magang program kampus merdeka dari beberapa universitas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Budi mengatakan bahwa untuk kali pertama PT INKA (Persero) menerima mahasiswa program magang kampus merdeka serta menjadi perusahaan industri pertama yang berkolaborasi dengan dunia pendidikan.

“Ini baru pertama kali kami (PT INKA) menerima (Program magang kampus merdeka, red.) begitupun kata pak dirjen bahwa untuk pertama kali dunia pendidikan berkolaborasi dengan dunia industri,” ucap Budi

Melalui program kampus merdeka, lanjut Budi, diharapkan mahasiswa dapat mengikuti segala hal yang akan diajarkan di PT INKA (Persero).

Dalam penutup sambutannya, ia berharap para peserta magang untuk tidak hanya sekedar mengikuti namun juga turut serta mengkritisi desain, selama masa 6 bulan magang.

“Anda-anda ini dikasih fasilitas yang mungkin belum maksimal tapi lumayan jadi saya berharap jalankan dengan serius.” pungkasnya

Di waktu yang sama, Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Nizam, turut serta menyaksikan dan memberikan sambutannya melalui video conference. 

Dalam sambutannya, Nizam mengapresiasi PT INKA (Persero), atas kesediaannya dalam berkolaborasi serta menerima para mahasiswa magang program kampus merdeka.Dengan adanya hal tersebut, lanjut Nizam, ia menitipkan para mahasiswa serta dosen untuk dapat belajar serta bekerjasama dengan PT INKA (Persero) untuk mengembangkan produk merah putih.

“Saya titipkan adik-adik mahasiswa ini pada pak dirut, pada teman-teman Inka untuk bisa dibimbing, dilatih, dengan kompetensi yang memang dibutuhkan didunia kerja, sekaligus bersama-sama belajar untuk mengembangkan produk Merah Putih. Mulai dari desain, pengembangan prototype nya hingga terwujud kendaraannya serta melakukan berbagai uji untuk sertifikasi kendaraan itu sendiri betul-betul proses yang utuh. Dari mulai desain sampai konstruksi, sampai pengujian hingga nantinya digunakan untuk event G20. kesempatan yang sangat langka bagi para mahasiswa dan bagi kita semua. Juga saya titipkan pada rekan-rekan dosen yang sat ini mengikuti sabbatical leave di PT INKA agar adik-adik ini nanti bisa meneruskan karya dari teman-teman sekalian," ucap Nizam.

Nizam berharap nantinya pengalaman yang diperoleh mahasiswa dapat menjadi acuan untuk mengembangkan teknologi hijau, khususnya kendaraan listrik merah putih, bagi kemajuan Indonesia kedepan oleh kolaborasi antara PT INKA dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Teknologi.

“Semoga kita bisa mewujudkan sebagian dari kedaulatan teknologi di tanah air, melalui kolaborasi antara perguruan tinggi dengan dunia industri." pungkas Nizam.

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved