Penandatanganan Nota Kesepahaman PT INKA dan PT TWC Kembangkan Moda Transportasi Pariwisata Dukung KTT G20

28 March 2022

Direktur Utama PT TWC Edi Setijono (kiri), Wakil Menteri II Kementerian BUMN Kartika Wirjoatmodjo (tengah) dan Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro

Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro dan Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko atau PT TWC Edy Setijono melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang kerja sama pengembangan moda transportasi pariwisata. Acara diselenggarakan di PT INKA (Persero) dan disaksikan oleh Wakil Menteri II Kementerian BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, Minggu, 27 Maret 2022.

Ruang lingkup Nota Kesepahaman ini, baik PT INKA dan PT TWC bersama - sama mengembangkan dan mengimplementasikan moda transportasi pariwisata, antara lain tram mover, autonomous line tracker bus hingga kereta gantung. Pengembangan ini juga dalam rangka mendukung gelaran KTT G20 2022 di Indonesia. 

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri II Kementerian BUMN, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan jika kunjungannya ke PT INKA (Persero) untuk meninjau ulang dari kesiapan PT INKA dalam mensuplai bus listrik yang akan digunakan di G20 dan sebagai transportasi publik di Bandung dan Surabaya.

“Jadi saya hari ini bersama pak Dirut PT INKA, Direktur dari Damri, Direktur dari PELNI, Direktur TWC dan Walikota Madiun mengunjungi pabrik INKA di Madiun. Pertama kita me-review kesiapan suplai bus listrik untuk G20 karena memang pemerintah memberikan kontrak Untuk inka bersama untuk menghasilkan bus listrik yang diharapkan nanti untuk G20. Setelah itu akan digunakan untuk transportasi publik di Bandung dan Surabaya,” ucap Kartika.

Wakil Menteri II Kementerian BUMN, Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan jika KTT G20 ini merupakan momentum yang baik untuk PT INKA dapat menampilkan  produknya di domestik hingga internasional.

“Nah ini, G20 momuntum yang baik untuk INKA men-showcase produknya sehingga diharapkan kepercayaan  domestik dan investor-investor internasional percaya dengan kemampuan indonesia untuk manufaktur bus listrik,” ujar Kartika.

Dalam pertemuan tersebut Direktur Utama PT TWC Edy Setijono mengatakan bahwa kerjasama yang dilakukan bersama PT INKA yaitu tram mover akan dioperasikan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Ia juga berharap kolaborasi ini dapat berkembang di dalam kawasan wisata maupun konektifitas antar destinasi wisata.

“Jadi untuk project pertama kami nanti akan bikin tram mover untuk di aplikasikan di TMII. Tapi kedepan kita berharap kolaborasi TWC bersama INKA ini tidak hanya di taman mini saja tapi untuk pengembangan moda - moda baik di dalam kawasan wisata maupun connectivity antar destinasi wisata. Dan nanti kedepan memang akan menggunakan  moda - moda yang berbasis ke enegi terbarukan,” jelas Edy.

Direktur PT INKA, Budi Noviantoro turut menambahkan dalam wawancara tersebut  jika tram mover akan menjadi ikonik di Taman Mini sebab menggunakan teknologi yang terbarukan.

“Yang penting tram mover ini kan sesuatu yang baru secara teknologi dan secara mode yang saya kira akan menarik menjadi ikonik di TMII. Jadi harapan nanti pas delegasi G20 bisa menikmati indahnya Taman Mini menggunakan tram mover, “ jelas Budi.

Pemindahan Rel Pertamina di depan PT INKA

Walikota Madiun, Maidi yang juga hadir pada kesempatan tersebut saat ditanya awak media mengenai penataan ulang rel serong yang dilintasi gerbong Pertamina di depan kantor PT INKA (Persero) Madiun, Walikota Madiun Maidi menyampaikan akan mengkoordinasikan lebih lanjut untuk mengurangi bahaya kecelakaan bagi pengendara yang melintas khususnya ketika musim hujan datang. 

“Ada beberapa hal yang memang keluhan untuk Pemkot, salah satunya rel Pertamina yang sering membawa kecelakaan, ini insya Allah akan koordinasikan kalau bisa dialihkan lewat belakang (pabrik INKA menuju Depo Pertamina). semua akses yang sifatnya tanah pemerintah daerah kita perbolehkan (untuk digunakan) semuanya. Sehingga nanti penataan untuk INKA sendiri akan semakin sempurna, dan warga sendiri juga nyaman, dan pertumbuhan ekonomi dengan INKA ini luar biasa untuk Kota Madiun, terima kasih sekali,” jelas Maidi.

Wakil Menteri II Kementerian BUMN, Kartika Wirjoatmodjo juga mendukung perihal penataan tersebut. Kartika berharap agar dalam penataanya bisa menggunakan area atau tanah yang lain

“Kita mendukung Pak, ini namanya kan bagian dari penataan kota ya, INKA ada di kota Madiun, bisa menata tempat testingnya segala macam supaya tetap friendly. Kita welcome sama dukungan dari Pak Walikota kita bisa menggunakan tanah-tanah lain yang bisa kita manfaatkan,” pungkas Kartika.



© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved