Bus Listrik Merah Putih Produksi INKA Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Resmi Diluncurkan

13 November 2022

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Mendikbudristek Nadiem Makariem saat meresmikan peluncuran Bus Listrik Merah Putih

Bus Listrik Merah Putih (BLiMP) produksi PT INKA (Persero) diresmikan operasionalnya untuk mendukung Presidensi G20 di Bali. Peresmian dilakukan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim bertempat Kawasan Nusa Dua, Bali (13/11). 

Menhub Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari kolaborasi antara BUMN dan perguruan tinggi.

“Kalau kita tidak melakukan Kolaborasi, tentu ini tidak akan terjadi. Kebetulan kita ada INKA, DAMRI, sehingga ekosistem dari pada hal ini, deliver sampai digunakan pada masyarakat. Selamat INKA, UGM, UNAIR, ITS, ISI Denpasar. Akhirnya kita menemukan skema, bahwa ini tidak putus pada belajar saja, tidak putus pada produksi saja,” ungkap Budi.

Budi menyatakan bahwa program Merdeka Belajar yang digagas oleh Kemendikbud Ristek berhasil terealisasi untuk proyek bus listrik ini.

“Satu pengalaman yang luar biasa, bagaimana konsep Kemendikbud Ristek membuat Merdeka Belajar, saya termasuk follower yang favorit atas apa yang dibuat dalam merdeka belajar.  Bayangkan adik-adik (mahasiswa) diberikan kebebasan 1 semester 20 SKS harus men-deliver sesuatu yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, dan itu  terjadi untuk proyek ini,” paparnya.

Budi juga menambahkan bahwa di Kementerian Perhubungan juga terdapat skema buy the service (BTS). Dengan adanya hal tersebut, skema BTS akan mengurangi antara cost dengan daya beli masyarakat nantinya ketika nanti bus listrik ini akan dioperasikan di 3 daerah yakni Bandung, Surabaya dan area Bali.

Mendikbudristek Nadiem Makarim juga menyampaikan bahwa program Merdeka Belajar ini adalah contoh sempurna dari gotong royong. Semua pihak mulai dari universitas, dosen, mahasiswa, kementerian, dan BUMN, menuntaskan masalah secara bersama-sama. 

“Pada Presidensi G20 ini merupakan momentum bagi Indonesia  untuk menunjukkan keunggulan kita pantas sekali di panggung dunia, kita bisa menghasilkan suatu karya yang datang langsung datang dari akademisi-akademisi kita, dari mahasiswa-mahasiswa kita dan kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri ini semakin menguat,” jelas Nadiem.

Keberhasilan  program ini juga tidak lepas dari platform Kemendikbud Ristek yakni Kedai Reka, di mana dunia industri dan dunia Pendidikan memenukan kecocokan bersama.

“Ada platform Kedai Reka, di mana sekarang itu adalah “biro jodoh digital” antara bisnis-bisnis industri korporasi dan peneliti-peneliti dan akademisi di universitas untuk menemukan kecocokan untuk mengerjakan proyek bersama baik itu proyek inovasi, proyek riset dan lain-lain. Dan dana yang disalurkan dari swasta kepada proyek di universitas tersebut akan dipadankan dengan dana dari kementerian, namanya matching fund. Program seperti bus listrik ini (realiasi) terjadinya karena itu,” pungkasnya.




© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved