Pembangunan Kereta Cepat dengan Tiongkok Jadi Pintu Perluas Kerja Sama Dagang

09 October 2015

Istanbul: Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong mengatakan, pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung akan mendorong kerja sama perdagangan dengan Tiongkok.


"Proyek kerja sama pengembangan kereta api Jakarta-Bandung dapat dikembangkan secara lintas sektoral dengan penekanan pada peningkatan kerja sama perdagangan yang lebih erat antara kedua belah pihak," ujar Thomas saat pertemuan G-20 Organisation of Economic Cooperation and Development (OECD) Global Forum on International Investment 2015 seperti dalam keterangan resmi Kementerian Perdagangan (Kemendag), Istanbul, Kamis (8/10/2015).


Pria yang akrab disapa Tom ini menyampaikan, baik pemerintah maupun pelaku usaha Indonesia sangat memahami bahwa Tiongkok memiliki tata kelola logistik yang baik dan modal yang cukup untuk melakukan kegiatan perdagangan dan investasi. Karena itu, di tengah kondisi rupiah yang mengalami undervalued, ini merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan investasi Tiongkok di Indonesia.


Sementara itu, Menteri Perdagangan Tiongkok Gao Hucheng menegaskan, dukungan pihaknya kepada Indonesia bukan hanya pada pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Lebih dari itu, Pemerintah Tiongkok juga mendukung pembangunan industri maritim dan pembangunan infrastruktur di Indonesia yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


"Saya harapkan hal ini dapat menjadi paradigma baru dalam kerjasama pengembangan industri maritim, pembangkit listrik, transportasi, dan konektivitas di Indonesia," papar dia.


Menurut Gao Hucheng, Pemerintah Tiongkok selalu berupaya menyeimbangkan perdagangan dan investasi. Gao mengakui industri pengolahan di Indonesia masih tertinggal, karena itu investasi asing dapat mempercepat proses guna mengejar ketertinggalan.


"Sehingga dengan begitu, masalah konektivitas antarpulau yang sering terjadi di Indonesia diharapkan segera dapat diatasi melalui investasi asing," pungkas Gao Hucheng.

Sumber

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved