Konsorsium BUMN Libatkan Jasa Marga, INKA, dan Wijaya Karya

05 October 2015

Foto: miniatur kereta cepat

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, memastikan kereta cepat tetap dibangun. Rini pun menyebut proyek tersebut akan dikerjakan oleh konsorsium pelat merah.


"Kereta cepat akan dikerjakan oleh konsorsium BUMN," kata dia di kantor Perum Bulog Divisi Regional DKI Jakarta, Jumat 2 Oktober 2015.


Rini mengatakan rencananya proyek kereta cepat akan digarap oleh PT Jasa Marga Tbk, PT Industri Kereta Api (INKA), PT Perkebunan Nusantara VIII, dan PT Wijaya Karya Tbk.


"Tak ada perubahan BUMN," kata mantan menteri Perindustrian dan Perdagangan itu.


Sebelumnya, Rini memastikan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung akan diteruskan pemerintah. Namun, ditegaskan, proyek tersebut akan menggunakan skema business to business (b to b), dan tidak menggunakan anggaran pemerintah di dalamnya.


Rini menegaskan, kondisi tersebut sudah menjadi keputusan bersama dan merupakan hasil dari rapat terbatas yang sudah disepakati pula oleh Presiden Joko Widodo.


"Harus berdasarkan b to b, tidak ada jaminan pemerintah. Tidak ada anggaran pemerintah," ujar Rini di Jakarta, Kamis 1 Oktober 2015.

Sumber

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved