Ahok Berwacana Bangun Rel Kereta untuk LRT Hingga 3 Tingkat

07 July 2015

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Jakarta - Tingkat kemacetan di Ibu Kota semakin menjadi. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai pembangunan light rail transit (LRT) sudah mendesak.


Dengan adanya LRT, masyarakat Jakarta memiliki banyak alternatif moda transportasi. Oleh karena itu, pria yang akrab disapa Ahok ini berencana mau membangun banyak rel jaringan kereta api hingga 3 tingkat.


"LRT penting dong, sekarang jalan dibikin dua sampai tiga lantai (tingkat) penuh tidak? Sama penuh juga kalau mobil banyak. Tapi kita mau ubah, bangun 2-3 lantai khusus kereta api itu idenya," kata Ahok di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (6/7/2015).


Akan tetapi, penambahan jaringan rel kereta hingga 3 tingkat pun bisa saja tidak membawa dampak besar apabila jumlah kendaraan terus bertambah. Namun dia berharap dengan adanya LRT bisa membuat warga Ibu Kota secara perlahan beralih ke transportasi umum.


"Sekarang kalau kamu buat jalan 2-3 lantai sama saja penuh. Penjualan motor bisa sampai 2,4 juta setahun," lanjutnya.


"Macet pasti macet, tapi minimal kalau naik kereta tidak macet. Kayak sekarang orang Bekasi kalau kereta ke Bekasi tepat setiap 10 menit ada. Saya yakin orang Bekasi naik kereta api semua. Tapi sekarang kan nggak jelas datangnya nunggunya lama, coba gerbongnya lebih banyak," tutup Ahok.


Sumber

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved