2016, LRT Jokowi Terhubung ke Sirkuit Sentul dan Grogol

14 September 2015

foto: ilustrasi LRT di Malaysia

Jakarta -Moda transportasi massal berbasis rel, Light Rail Transit (LRT), akan dinikmati bukan hanya warga DKI Jakarta. Di dalam Peraturan Presiden No. 98 Tahun 20015, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugaskan PT Adhi Karya Tbk (ADHI) membangun LRT di wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Depok.


Fase I, LRT akan membentang dari wilayah Cibubur di Jakarta Timur dan Bekasi Timur di Jawa Barat menuju Dukuh Atas di jantung bisnis kota Jakarta sepanjang 42,1 kilometer (km).


Setelah groundbreaking LRT fase I pada 9 September 2015 lalu, Pengembangan LRT tak berhenti di situ. Adhi Karya akan menyambungkan LRT hingga ke Sirkuit Sentul di Bogor atau ke Grogol di Jakarta Barat.


Untuk rute korelasi Bogor, jaringan rel layang (elevated) akan dibangun dari Cibubur-Bogor mulai triwulan II 2016. Rute Cibubur-Bogor membetang dari Stasiun Cibubur-Stasiun Cibinong-Stasiun Sentul Sirkuit-Stasiun Sentul City-Stasiun Baranangsiang (Bogor) sepanjang 30,5 km.


"Persiapan engineering-nya sekitar 6 bulan. Dia mulai triwulan II 2016," kata Direktur Utama Adhi Karya, Kiswodarmawan kepada detikFinance, Sabtu (12/9/2015).


Pembangunan LRT fase lanjutan juga dilakukan setelah Stasiun Dukuh Atas. Dari Stasiun Dukuh Atas, Adhi Karya akan membangun 2 rute LRT menuju wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Barat.


Untuk Jakarta Pusat, LRT membentang dari Stasiun Dukuh Atas-Stasiun Palmerah-Stasiun Geloran Bung Karno-Stasiun Plasa Senayan. Sedangkan rute ke Jakarta Barat, LRT menyambungkan Stasiun Palmerah-Stasiun Tomang-Stasiun Grogol. Total panjang rute LRT untuk pekerjaan Adhi Karya mencapai 84 kilometer.

Sumber


© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved