Atasi kemacetan, pemerintah bangun kereta ringan

09 September 2015

Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri serta gubenur DKI Jakarta dan Jawa Barat melihat pembangunan kereta rel ringan

Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan kereta ringan atau juga disebut dengan Light Rail Transit (LRT)di Jalan Taman Mini 1, Jakarta Timur, pada Rabu (09/09).


Pembangunan kereta ringan tersebut diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang telah menjadi masalah besar di Jakarta dan kota-kota sekitarnya.


Presiden Jokowi mengaku optimistis proyek tersebut akan berjalan lancar dan tidak berhenti sebelum rampung seperti yang terjadi pada proyek monorail.


"Ya ini kan memulai sesuatu tidak ada masalah, mulai dari nol. Kalau monorail dulu sudah ada masalah, sehingga harus diurai - mengurai masalah dan tidak rampung. Tetapi nanti tiang-tiang monorail akan digunakan," kata Jokowi.


Kereta ringan adalah suatu transportasi massal berbasis rel yang pembangunannya dilakukan di atas ruang tanah jalan tol dan non tol.


"Hal tersebut memungkinkan pembebasan lahan seminimal mungkin sekaligus mengoptimalkan lahan yang telah dimiliki oleh pemerintah," ujar Direktur Utama Adhi Karya, Kiswodarmawan, selaku pimpinan BUMN yang membangun LRT tersebut.

Sumber

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved