Aksi Menhub Jonan Pantau Kereta Argo Anggrek Buatan PT INKA (Persero)

24 July 2015

Menteri Perhubungan, Ignatius Jonan, saat memantau kondisi KA Argo Anggrek buatan PT INKA (Persero)

Surabaya - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan melakukan pemantauan kondisi transportasi di sejumlah daerah selama masa mudik dan balik. Jonan juga sempat melihat keadaan KA Argo Anggrek dalam perjalanannya ke Stasiun Pasar Turi Surabaya dari Semarang Tawang.


Sejak kereta mulai berangkat pukul 15.03 dari Semarang Tawang, Jonan langsungmelihat-lihat fasilitas kereta untuk kenyamanan penumpang. Ia menyusuri gerbong demi gerbong didampingi Dirut PT KAI, Edi Sukmoro. Bahkan Jonan juga mengecek toilet.


Selama menyusuri gerbong, banyak penumpang mengajak bersalaman dan berfoto, Jonan pun tidak menolaknya. Kemudian peninjauan berakhir setelah Jonan melihat gerbong restorasi.


Sesekali Jonan berbincang dengan Dirut PT KAI soal kenyamanan kereta. Jonan mengakui jika suspensi rangkaian KA Argo Anggrek sangat nyaman dan ia cukup puas.


"Makanya saya kepingin nyoba. Bagus kok, puas lah," kata Jonan, Kamis (23/7/2015).


Usai berkeliling, Jonan duduk di kursinya, 8D bersebelahan dengan Dirut PT KAI. Sempat terjadi insiden pelemparan batu di gerbong yang sama sehingga jendela seat 7A-7B retak.


Jonan juga sempat terkejut namun tidak panik dan langsung menenangkan penumpang yang duduk di seat tersebut.


"Tidak akan pecah itu," kata Jonan.


Selain berkeliling, Jonan ternyata naik kereta dengan prosedur normal seperti penumpang lainnya yaitu menggunaka tiket. Ketika petugas kontrol tiket melintas, Jonan memperlihatkan miliknya agar dilubangi.


Mantan Dirut PT. KAI juga sempat menanyakan jumlah manifes kereta api yang dinaikinya.


"Ya ini cuma iseng saja," jawab Jonan ketika ditanya maksudnya memastikan jumlah manifes.


Selama perjalanan Semarang- Surabaya, Jonan juga sempat menikmati hidangan di gerbong restorasi dan mengobrol dengan pejabat PT. KAI.


Sesampainya di Stasiun Pasar Turi Surabaya, Jonan langsung meninjau satasiun tersebut. Para penumpang juga banyak yang kaget dan langsung minta berfoto.


Sumber

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved