Bangun Kereta Cepat Jakarta-Bandung, INKA Gandeng Ahli 'Kereta Peluru'

25 July 2015

ilustrasi: Foto Kereta Cepat

Jakarta -BUMN kereta yang bermarkas di Madiun, Jawa Timur PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA ikut dilibatkan dalam pengembangan mega proyek Presiden Jokowi yakni kereta cepat atau High Speed Train (HST) untuk rute Jakarta-Bandung.


INKA sendiri mengakui belum berpengalam membangun kereta cepat alias 'kereta peluru'. Untuk itu menjajaki keterlibatan produsen kereta cepat dunia yang sudah ahli, mulai dari Bombardier hingga China Railway High-speed (CRH).


"Kita juga menjajaki kerjasama manufaktur HST, seperti dengan Bombardier asal Jerman, Nippon Sharyo asal Jepang, CAF asal Spanyol, CSR dan CNR dari China," kata Direktur Produksi INKA Hendy Hendratno Adji kepada detikFinance, Sabtu (25/7/2015).


Pertama yang akan digandeng ialah Bombardier. Produsen kereta asal Jerman ini memiliki pengalaman memproduksi dan mengembangkan kereta cepat. Bombardier mengembangkan kereta cepat bernama ZEFIRO yang mampu melesat dengan kecepatan 380 km per jam. Bombardier juga terlibat dalam memasok kereta cepat di China.


Produsen kedua yang dijajaki ialah Nippon Sharyo. Produsen kerta cepat asal Jepang ini dinilai sangat berpengalaman. Nippon Sharyo telah memasok kereta cepat di beberapa negara salah satunya kerta cepat Shinkansen. Nippon Sharyo juga akan memasok kereta commuter untuk proyek MRT Jakarta fase I.


Produsen lain yang rencananya dilibatkan seperti CAF Spanyol. CAF berpengalaman mengembangkan dan memproduksi kereta cepat untuk beberapa negara seperti Turki. Kereta cepat generasi terbaru CAF, OARIS, mampu melesat dengan kecepatan 350 km per jam.


Terakhir ialah produsen dan operator kereta asal Tiongkok seperti CSR Corporation Limited dan China Railway High-speed (CRH).


"Di dunia belum banyak pabrikan sarana kereta api yang menguasai teknologi HST. Bomardier dengan ICE-nya, Nippon Sharyo dengan Shinkansen masih merupakan terbaik kemdian ada juga TGV dari Alshtom Prancis," ujarnya.


Sumber

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved