Railbus Solo-Wonogiri Bakal Dioperasikan Februari 2015

23 January 2015

Pemerintah Kota Solo bersama PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional VI Yogyakarta akan segera mengoperasikan Railbus Bethara Krisna jurusan Solo-Wonogiri pergi pulang (PP).
Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Solo, Indarjo, menuturkan railbus tersebut rencananya dioperasikan mulai Februari.


"Dishubkominfo nantinya hanya bertindak mengamankan sepanjang jalan Slamet Riyadi dan memberikan sosialisasi. Operasionalnya dibawah PT KAI," ujar Indarjo, Minggu (18/1/2015).
Dia menuturkan untuk tanggal pasti beroperasinya railbus yang dibuat Pemkot Solo di PT INKA Madiun tahun 2011 lalu ini masih akan dirapatkan terlebih dahulu dengan PT KAI.
Rencananya pekan ini akan ada rapat terakhir antara PT KAI dengan Dishubkominfo untuk membahas persiapan terakhir mulai dari persiapan rel, stasiun hingga sarana prasarana penunjang railbus lainnya.
Railbus akan beroperasi dua hingga tiga kali PP untuk menampung masyarakat yang ingin beraktifitas atau bekerja ke daerah lain.


"Diharapkan adanya railbus dapat membuat masyarakat beralih dari kendaraan pribadinya menuju ke transportasi massal seperti railbus ini untuk mengurai kemacetan," sambungnya.
Untuk tiket railbus yang akan diberlakukan yakni Rp 4.000 sekali jalan dari Solo ke Wonogiri. Murahnya tiket railbus dikarenakan akan mendapat subsidi dari pemerintah.
"Railbus akan menjadi kereta perintis sehingga nantinya akan mendapatkan subsidi dari pemerintah pusat terkait tarif yang akan diberlakukan," tandasnya.


Sebelumnya, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menuturkan apabila Kota Solo membutuhkan transportasi massal untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang masuk ke Kota Solo.
"Kalau siang hari, puluhan ribu kendaraan masuk ke Solo, sehingga butuh transportasi massal yang dapat mengurangi jumlah kendaaran pribadi," paparnya.
(Sumber: www.tribunnews.com)

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved