PT INKA Kebanjiran Pesanan Kereta Api

21 September 2015

Kereta merupakan salah satu sarana transportasi yang banyak dipilih masyarakat Indonesia, karena memiliki kelebihan dibandingkan sarana transportasi darat lainnya, seperti terhindar dari kemacetan.


Selain sebagai transportasi antar kota yang letaknya cukup berjauhan, ada pula kereta yang digunakan sebagai penghubung antara kota pusat dengan wilayah-wilayah yang ada di sekitarnya, yaitu yang dikenal dengan nama commuter line. Namun, tahukah Anda bila kereta yang kita gunakan ternyata merupakan karya anak bangsa?


PT Industri Kereta Api (INKA) merupakan perusahaan yang membuat sarana transportasi tersebut. Hadir dalam pameran Transportasi Indonesia 2015, INKA memamerkan beragam miniatur kereta api yang telah digunakan sebagai kendaraan transportasi.


“Komponennya itu 70 persen menggunakan komponen dalam negeri. Kami memang distribusi ke PT Kereta Api Indonesia (KAI), dan sebagian besar kereta yang digunakan untuk keluar kota itu produksi kami, seperti Argo Bromo, Majapahit, dan Krakatau. Untuk commuter line, rute Tangerang itu buatan kami,” kata Staf Marketing INKA, Rizki, kepada VIVA.co.id, Kamis 17 September 2015.


Perusahaan yang telah berdiri sejak 1981 ini juga melakukan ekspor kereta ke beberapa negara di Asia, seperti Malaysia, Bangladesh, dan Filipina.


“Tahun ini hingga tahun depan, kami dapat pesanan 1.213 unit dari PT KAI untuk kereta barang. Selain itu, ada kereta penumpang sebanyak 200 unit,” katanya.


Untuk mesin, Rizki mengungkapkan, bila pihaknya masih impor dari beberapa negara, seperti Jepang dan Jerman.

Sumber

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved