Bangun Kereta Ringan, Jokowi Bentuk Konsorsium BUMN-Swasta

09 April 2015

Kereta cepat Shinkansen Nozomi N700 tiba di Stasiun Shinagawa, Tokyo, Jepang. (Sumber: CNN Indonesia

Presiden Joko Widodo akan membentuk konsorsium BUMN dan swasta untuk menggarap proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT), yang akan melintas di atas jalur Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Tiga BUMN dari tujuh perusahaan yang sudah memastikan diri akan bergabung dalam konsorsium adalah PT Jasa Marga (Persero), PT Industri Kereta Api (INKA), dan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Adityawarman, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero), menjelaskan proyek transportasi massal LRT tersebut menjadi perhatian Jokowi karena mempertimbangkan kondisi Ibu Kota yang macet setiap hari. Untuk itu, presiden minta segera dibentuk tim terintegrasi untuk mengeksekusi proyek LRT pada tahun ini.

"(Instruksi Jokowi) lagi dikerjakan bersama dengan Pemda DKI, makanya Pak Gubernur DKI Jakarta (Basuki Tjahaja Purnama)  dipanggil, karena itu bermuara semuanya di Jakarta," jelas Adityawarman di Istana Kepresidenan, Rabu (1/3).

Menurut Adityawarman, ada sekitar tujuh perusahaan yang akan membentuk konsorsium guna mengeksekusi proyek LRT secara bersama-sama. Dalam konsorsium tersebut juga akan melibatkan pemodal asing yang memiliki pengalaman mengembangkan moda kereta cepat, antara lain dari Jepang dan Tiongkok.
"Kalau tidak salah ada tujuh perusahaan. Jasamarga, INKA, KAI, dan para kontraktor lain. Jadi sinergitas," jelasnya.


(Sumber: cnnindonesia.com)

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved