Jika LRT Jadi Dibangun oleh Pusat, Pemkot Bekasi Usul Shelternya Berada di Tiga Titik Ini

04 September 2015

Ilustrasi: Shelter

Pemerintah Kota Bekasi mengusulkan tiga titik shelter atau tempat pemberhentian jika proyek Light Rail Transit (LRT) jadi dibangun oleh pusat sebagai pengganti proyek monorel. Jalur LRT direncanakan melewati Kota Bekasi.


Walikota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, tiga shelter tersebut di antaranya berada di dekat pintu Tol Bekasi Barat, dan pintu Tol Jatibening, dan terakhir shelter sekaligus depo di Jalan Joyo Martono.


“Tiga shelter sangat signifikan mengurangi kepadatan kendaraan di jalan protokol,” katanya. Bahkan, kata dia, tiga shelter itu dapat mengakomodir penumpang di sejumlah titik. Karena kantung warga naik tranportasi umum.


Rahmat menambahkan, dengan adanya tiga shelter itu bisa memudahkan masyarakat menggunakan jasa transportasi massal terlebih bila LRT sudah direalisasikan.


“Kami berharap dilibatkan oleh Kementerian Perhubungan dalam pembahasan mengenai penentuan titik shelter LRT,” tambahnya. Menurutnya, pembahasan harus diintegrasikan dengan moda transportasi lainnya.


Menurut Rahmat,  LRT memiliki rute Bekasi Timur-Cawang sepanjang 18,138 kilometer. LRT Jakarta-Bekasi akan melintasi tepi Kalimalang sejajar Tol Becakayu.

Sumber

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved