Peletakan Batu Pertama Proyek LRT Bakal Dilakukan Januari 2016

24 August 2015

Gubernur DKI: Basuki Tjahaja Purnama

Jakarta: Pemerintah DKI Jakarta bersama Pemerintah pusat tengah fokus membangun proyek kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) untuk menyambut delegasi Asian Games 2018 mendatang. Adapun peletakan batu pertamanya ditargetkan awal Januari 2016.


"Kami tahun ini akan mulai membangun kereta api layang ringan. Mudah-mudaan peletakan batu pertama awal Januari tahun depan," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dalam sambutannya di perhelatan Lebaran Betawi, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (23/8/2015).


Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, LRT sengaja dipersiapkan untuk menyambut kedatangan peserta Asian Games. Di bayangan Ahok, setibanya para delegasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, mereka akan langsung naik LRT.


"Kita akan menyiapkan Asian Games. Setelah tahun 1962, Jakarta jadi tuan rumah, maka 2018 kita harapkan tamu datang ke Soetta, langsung naik kereta api masuk ke Kemayoran, sebagai kampung atlete. Dari sana langsung masuk ke Gelora Bung Karno untuk pertandingan. Jadi di situ ada suatu kebanggaan," ujar Ahok.


Diketahui, untuk kali keduanya, Jakarta akan menjadi tuan rumah Asian Games bersama Sumatera Selatan sebagai kota pendukung. Penunjukan tuan rumah ini dilakukan oleh Komite Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia/OCA) pada Juli 2014 lalu.


Sejatinya, Vietnam yang menjadi tuan rumah pada 2019, namun mengurungkan niat dan diganti tahun 2018 karena bentrokan dengan persiapan Pilpres di Indonesia. Dalam event ini, akan dipertandingkan sebanyak 33 cabang olahraga, dengan rincian 28 cabang olahraga olimpiade dan lima tradisional yang tersebar di kawasan Asia.


Sumber


© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved