LRT Cibubur-Dukuh Atas Groundbreaking 9 September, Ini Persiapannya

07 September 2015

Foto: Ilustrasi LRT

Jakarta -PT Adhi Karya Tbk (ADHI) memastikan groundbreaking atau pencanangan tiang perdana proyek Light Rail Transit (LRT) akan dilakukan 9 September mendatang. Selain telah mengantongi landasan hukum berupa Peraturan Presiden (Perpres) Penugasan, Adhi Karya juga melakukan berbagai langkah persiapan.


Bersama Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Adhi Karya menyusun standar regulasi keamanan moda, standar pengoperasian. dan standar layanan untuk LRT ini.


"Ada tim yang juga melakukan Detail Engineering Design (DED) berbasisFeasibility Study (FS) atau studi kelayakan teknis yang sudah dilakukan," kata Direktur Utama Adhi, Karya Kiswodarmadawan, kepada detikFinance, Sabtu (5/9/2015).


DED yang dilakukan bertujuan membuat gambaran pengembangan LRT. Setelah itu, DED dilampirkan ke Kemenhub untuk memperoleh persetujuan.


"Dasar itu yang dipakai menyusun budget prasarana," ujarnya. Rencananya, lokasi groundbreaking berada di dekat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.


Untuk memastikan proses konstruksi berjalan mulus, insinyur Adhi Karya melakukan beberapa persiapan dan pekerjaan teknis penunjang. "Tim satu lagi melaksanakan bertahap di lapangan. Ini program percepatan yang kita garap," paparnya.


Rencana awal, peletakan batu pertama proyek LRT dimulai pada 17 Agustus lalu. LRT fase I membentang dari Cibubur di Jakarta Timur sampai Dukuh Atas di Jakarta Pusat. Nilai proyek ini diperkirakan mencapai Rp 7 triliun.
Kini, Perpres telah turun. Adhi Karya diberi tugas.

Sumber

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved