Uji Coba LRT produk INKA disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo

12 July 2018

Presiden RI Joko Widodo berbincang dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro setelah menyaksikan uji coba LRT (13/7)

Presiden RI Joko Widodo meninjau kesiapan sarana LRT (light rail transit) produksi PT INKA (Persero) yang mulai dioperasikan bersamaan dengan penyelenggaraan Asian Games 2018 Agustus mendatang (13/7). Sebanyak 8 trainset LRT Palembang akan melalui tahap akhir uji coba berjalan di lintasan. Tim teknisi dari PT INKA (Persero) akan mengawal operasional dan perawatan kereta selama penyelenggaraan Asian Games hingga waktu ke depan.

Kereta yang tergolong teknologi baru di Indonesia ini menggunakan material carbody (badan kereta) berupa aluminium double skin atau ekstrusi. Dalam satu rangkaiannya terdapat 3 kereta dengan susunan 2 motor car atau kereta dengan roda penggerak sekaligus menyatu dengan kabin masinis dan 1 kereta sebagai trailer car. LRT ini menggunakan motor listrik sebagai penggerak sehingga lebih lebih ramah lingkungan dan tidak bising.

Dari sisi kenyamanan, selain AC (air conditioning) sentral, pada LRT ini juga dipasang kaca jendela dari jenis safety glass (tempered) dan dilaminasi anti UV 60% sehingga mampu mengurangi radiasi sinar matahari langsung. Saat keadaan penuh, rangkaian LRT mampu membawa sekitar 379 penumpang, baik penumpang yang duduk maupun penumpang yang berdiri.

Sebagai manufaktur sarana perkeretaapian satu-satnya di Asia Tenggara, tingkat kandungan dalam negeri untuk produk LRT ini mencapai kurang-lebih 45 %. LRT produk PT INKA (Persero) merupakan bentuk nyata untuk mendukung terselenggaranya Asian Games 2018 di Palembang, menjadi salah satu moda transportasi untuk para atlet dan official peserta Asian Games serta masyarakat pada umumnya.

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved