PT INKA (Persero) Salurkan Pinjaman Modal Bagi UMKM

29 December 2018

Senior Manajer Humas, Sekretariat, dan Protokoler PT INKA (Persero), Hartono (kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan pinjaman modal usaha kemitraan kepada penerima saat Penyaluran Program Kemitraan Tahap III 2018, Jumat (28/12).

PT INKA (Persero) menyalurkan program kemitraan tahap III Tahun 2018 senilai Rp590 juta, Jum’at (28/12/2018). Pinjaman modal usaha tersebut diperuntukkan bagi 25 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Karesidenan Madiun dan Kediri.

Senior Manager Humas, Sekretariat dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT INKA (Persero) Madiun, Hartono mengatakan, PKBL merupakan bentuk kepedulian PT INKA (Persero) terhadap pelaku usaha agar lebih maju dan berkembang. Disamping itu, penyaluran bantuan modal tersebut bertujuan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan para pelaku usaha.

Apalagi bunga yang diberikan PT INKA kepada mitra binaan hanya 3 persen per tahun. Rata-rata para pelaku usaha dapat mengembalikan pinjaman selama dua tahun. Pembayaran bunga pinjaman paling lambat tanggal 5 setiap bulannya. Disisi lain besaran dana yang diterima para pelaku usaha berbeda-beda, mulai Rp10 juta sampai Rp50 juta. Hartono menuturkan setelah tiga bulan penandatangan perjanjian dana bergulir tersebut tidak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, maka akan dicabut atau ditarik kembali untuk dimanfaatkan oleh mitra binaan lain.

“Dana itu untuk 25 mitra binaan. Ya dibagi, besarnya variasi tergantung klasifikasi usahanya,” ungkap Hartono.

Sementara itu Kepala Seksi Fasilitasi dan Permodalan Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek, Megik Sugiarto mengapresiasi program peminjaman modal yang diberikan PT INKA kepada mitra binaan. Pada tahap ketiga ini ada 15 pelaku usaha dari Trenggalek yang lolos seleksi dari PT INKA untuk mendapat bantuan modal usaha. Mereka terdiri atas pelaku industri, perdagangan dan peternakan. Karena itu pengawasan dari dinas akan intensif dilakukan agar pinjaman permodalan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Jadi (bantuan modal usaha) sangat membantu sekali. Padahal itu per tahun bunganya hanya 3 persen. Jadi jangan sampai dengan bunga yang sangat murah ini justru dinina bobokkan akhirnya malah macet, karena mengabaikan. Makanya saya berharap jangan sampai ada yang macet, karena ini dana bergulir, jadi banyak yang ngakses berikutnya,” kata Megik.

Dijelaskan, PT INKA (Persero) tahun ini telah menyediakan anggaran Rp2,4 Miliar untuk program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Sementara mitra binaan yang sudah mendapat pinjaman permodalan dari PT INKA tahun ini sekitar 103 pelaku usaha. Mereka berasal dari Kota/Kabupaten Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Nganjuk, Blitar dan Kediri.

Sumber

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved