15 Februari 2018

Rel Ganda Palur-Madiun Dibangun, Telan Rp6 Triliun!

Berita
Seorang pekerja mengoperasikan alat berat untuk mengeruh tanah di pinggir Sungai Garuda di Kampung Teguhan, Sragen Wetan, Sragen, Selasa (1/9) lalu. Di tempat itu bakal dibangun jembatan untuk jalur ganda rel kereta api Solo-Madiun

SRAGEN — Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuat jalur ganda (doubletrack) kereta api (KA) sepanjang puluhan kilometer dari Palur, Kabupaten Karanganyar hingga Kebonromo, Kecamatan Ngrampal, Sragen sejak sepekan lalu.


Pembangunan jalur ganda itu ditarget rampung hingga Madiun pada 2016 mendatang. Pejabat Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta, Gatut Sutiyatmoko, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (6/9/2015), mengatakan pembangunan jalur ganda mulai dikerjakan beberapa hari lalu.


Dia menyampaikan pembangunan jalur ganda itu ditargetkan berakhir di Madiun pada 2016. Pembangunan jalur ganda itu, kata dia, dilaksanakan langsung Ditjen Perkeretapian Kemenhub.


“Jadi pembuatan jalur ganda itu bukan wewenang PT KAI. Kami di PT KAI hanya membantu dalam pengawasan. Jadi teknis pekerjaan bagaimana dan panjang lintasannya berapa, kami tidak tahu persis,” ujar Gatut.


Dia menyatakan pembangunan jalur ganda KA itu merupakan bagian dari pelayanan karena bisa melancarkan lalu lintas KA dan mengurangi risiko keterlambatan penumpang. Dia mengatakan pekerjaanya mulai dari pengerukan tanah, pembuatan jembatan, dan pembebasan tanah.


Sejumlah alat berat mulai beraktivitas di pinggir rel KA. Aktivitas alat berat itu terlihat di perlintasan Kampung Teguhan sejak sepekan terakhir. Dua alat berat yang beroperasi  di lokasi itu pada setiap harinya. Alat berat itu mengeruk tanah untuk persiapan fondasi jembatan.


Jalur ganda itu akan melewati Sungai Garuda yang menjadi batas Kampung Teguhan Kelurahan Sragen Wetan dan Kampung Mageru Kelurahan Sragen Tengah.


Kepala Stasiun KA Sragen, Suwardi, tidak tahu menahu pekerjaan jalur ganda itu. Dia hanya mendengar pembangunan jalur ganda itu dilakukan sepanjang Palur-Kebonromo.


Sementara seperti disebutkan dalam situs Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Timur, pembangunan ini akan menjadi bagian dari rencana jalur ganda sepanjang 400 kilometer yang menghubungkan Surabaya hingga Solo melalui rute Wonokromo, Mojokerto, Madiun, dan Paron.


Dalam situs itu disebutkan total anggaran yang dikeluarkan sekitar dari Rp 6 triliun. Pembiayaan berasal dari APBN tahun 2015.

Sumber

Jelajahi artikel menarik lainnya

PT INKA Raih Penghargaan Beritajatim Award
PT INKA Raih Penghargaan Beritajatim Award

Press Release No.11/PR/INKA/IV/2025PT INKA (Persero) meraih penghargaan kategori Perusahaan Sektor Industri "Industri Strategis Menjangkau Dunia" dalam acara “Beritajatim Award 2025”, di Surabaya

25 April 2025
Sukses uji coba di Solo, KRL INKA melanjutkan pengujian di Lintas Jabodetabek
Sukses uji coba di Solo, KRL INKA melanjutkan pengujian di Lintas Jabodetabek

Press Release No.10/PR/INKA/IV/2025Madiun - PT Industri Kereta Api (Persero) memberangkatkan Kereta Rel Listrik (KRL) untuk melanjutkan tahapan uji coba di perlintasan Jabodetabek. Pemberangkatan KRL

16 April 2025
TJSL INKA Berangkatkan 352 Pemudik dari Madiun, Surabaya dan Banyuwangi
TJSL INKA Berangkatkan 352 Pemudik dari Madiun, Surabaya dan Banyuwangi

Press Release No.9/PR/INKA/III/2025PT INKA (Persero), melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT INKA (Persero) atau TJSL INKA, menyelenggarakan mudik gratis dari 3 titik yakni Madiun, Surabaya d

29 Maret 2025
INKA Gelar Posko Lebaran, Turut Sukseskan Angkutan Lebaran 2025
INKA Gelar Posko Lebaran, Turut Sukseskan Angkutan Lebaran 2025

Press Release No.8/PR/INKA/III/2025Madiun- PT INKA (Persero) (INKA) menggelar program posko angkutan lebaran tahun 2025 dengan menghadirkan produk terbaru PT INKA (Persero) Kereta Stainless Steel New

28 Maret 2025
rating
scroll