15 Februari 2018

Gandeng INKA, PT KAI Segera Remajakan Sebagian Besar Kereta

Berita
Kereta rel listrik i9000 buatan PT INKA

PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal melakukan peremajaan sebagian besar armada kereta api (KA) yang sudah berusia antara 30-50 tahun pada 2016 mendatang.


"Sekitar 50 persen armada KA kami sudah berusia antara 30-50 tahun. Memang butuh peremajaan untuk KA-KA itu," kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro di Semarang, Minggu (27/12/2015).


Menurut dia, langkah peremajaan KA bakal dilakukan pada 2016 bekerja sama dengan PT Industri Kereta Api (INKA), seperti peremajaan dari K2 (bisnis) menjadi K1 (eksekutif).


Seraya menunjukkan KA-KA yang sudah berusia lebih dari 30 tahun di sela pantauan angkutan Natal dan Tahun Baru di Stasiun Tawang, Semarang, Edi menekankan pentingnya perhatian pemerintah.


"Kedua, upaya penambahan unit KA supaya angkut penumpang bisa lebih banyak lagi. Kalau masih seperti sekarang, ya tidak bisa bertambah jumlah penumpangnya," katanya.


Ia menjelaskan, KAI sudah menerapkan sistem one man one seatatau satu penumpang satu tempat duduk sehingga jumlah penumpang pasti sesuai dengan jumlah tempat duduk yang disediakan.


"Jadi, tidak ada penumpang berdiri di KA untuk KA jarak jauh. Makanya, lonjakan arus penumpang pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru ini juga disesuaikan dengan kapasitas tempat duduk," katanya.


Lebih lanjut, Edi mengatakan, penuhnya tempat duduk sesuai kapasitas KA untuk momentum-momentum tertentu, seperti masa libur Natal, Tahun Baru, dan Lebaran, juga mengindikasikan banyaknya calon penumpang yang belum terangkut.


Artinya, kata dia, masyarakat sekarang ini merasa lebih nyaman untuk menggunakan layanan transportasi KA sehingga penyediaan unit KA juga harus dimaksimalkan untuk melayani masyarakat.


"Yang paling penting, ya, dua itu. Peremajaan dan penambahan unit baru. Yang pasti, untuk peremajaan, kami lakukan pada 2016 karena sudah ada kerja sama dengan PT INKA," katanya.


Langkah penambahan, kata Edi, juga mungkin akan dilakukan untuk K3 atau kelas ekonomi, mengingat jumlah penumpang KA ekonomi lebih banyak, dengan adanya subsidi dari pemerintah.


(sumber: bisniskeuangan.kompas.com)


Jelajahi artikel menarik lainnya

PT INKA Turut Berpartisipasi pada ICI 2025
PT INKA Turut Berpartisipasi pada ICI 2025

Press Release No. 17/PR/INKA/VI/2025PT Industri Kereta Api (Persero) (INKA) menunjukan kontribusinya dalam pembangunan dan inovasi transportasi perkeretaapian nasional dengan berpartisipasi pada 

13 Juni 2025
INKA Lanjutkan Pengiriman KRL Jabodetabek Trainset ke 2
INKA Lanjutkan Pengiriman KRL Jabodetabek Trainset ke 2

Press Release No.16/PR/INKA/VI/2025Madiun - PT Industri Kereta Api (Persero) kembali memberangkatkan Kereta Rel Listrik (KRL) iE 305 trainset ke-2 (TS 2) ke tujuan akhir Depo Depok. Pengiriman dari St

12 Juni 2025
Wakil Menteri BUMN Melakukan Peninjauan ke Pabrik INKA Banyuwangi
Wakil Menteri BUMN Melakukan Peninjauan ke Pabrik INKA Banyuwangi

Press Release No.15/PR/INKA/VI/2025Banyuwangi - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo melakukan peninjauan ke Pabrik INKA Banyuwangi untuk melihat kesiapan Pabrik Banyuwan

2 Juni 2025
Partisipasi PT INKA (Persero) dalam Indonesia City Expo 2025 Sebagai Dukungan Pembangunan Smart City
Partisipasi PT INKA (Persero) dalam Indonesia City Expo 2025 Sebagai Dukungan Pembangunan Smart City

Press Release No.14/PR/INKA/V/2025Surabaya - PT INKA (Persero) turut berpartisipasi dalam gelaran Indonesia City Expo (ICE) ke-21 yang berlangsung di Grand City Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur p

21 Mei 2025
rating
scroll