15 Februari 2018

Kereta Api Komuter Ideal untuk Penglaju Yogya-Solo

Berita
KRDI (Kereta Rel Diesel Indonesia) buatan PT INKA (Persero)

Meski memiliki beragam moda transportasi untuk menghubungkan Yogya-Solo, namun idealnya kereta api menjadi tulang punggung transportasi komuter ini. Selain itu, antara bus dan kereta api diharapkan tidak berkompetisi.

Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (PUSTRAL) UGM, Fajar Saumatmaji mengatakan, untuk menopang kebutuhan penglaju antara dua kota yakni Yogya-Solo, idealnya adalah angkutan Kereta Api. Keunggulan dari angkutan ini antara lain waktu tempuh yang lebih pasti, keamanan dan biaya yang kompetitif.

Sayangnya, keunggulan ini belum ditunjang kesinambungan transportasi dari rumah ke stasiun dan stasiun ke tempat kerja atau belajar.

"Keberadaan angkutan umum pendukung ini belum bagus. Hal inilah yang membuat sebagian orang masih enggan menggunakan armada KA," katanya, belum lama ini.

Di sisi lain, keberadaan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) juga harus berhadapan dengan banyaknya kendaraan pribadi. Jarak Yogya-Solo yang relatif dekat membuat orang lebih terpola untuk naik kendaraan pribadi.

Angkutan umum memang tanggung jawab pemerintah yang penyelenggaraannya bisa diserahkan ke swasta.

"Namun, keberlangsungan usaha mereka perlu dijamin. Karena itu, manajemen pengelolaan yang bagus diperlukan. Saat ini banyak unit usaha angkutan umum yang bagus yang bisa menjadi contoh," imbuhnya.

Fajar memaparkan, kebanyakan pengusaha angkutan saat ini masih menerapkan manajemen yang konvensional.

Meski memiliki beragam moda transportasi untuk menghubungkan Yogya-Solo, namun idealnya kereta api menjadi tulang punggung transportasi komuter ini.

Selain itu, antara bus dan kereta api diharapkan tidak berkompetisi.

Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (PUSTRAL) UGM, Fajar Saumatmaji mengatakan, untuk menopang kebutuhan penglaju antara dua kota yakni Yogya-Solo, idealnya adalah angkutan Kereta Api.

Keunggulan dari angkutan ini antara lain waktu tempuh yang lebih pasti, keamanan dan biaya yang kompetitif.

Sayangnya, keunggulan ini belum ditunjang kesinambungan transportasi dari rumah ke stasiun dan stasiun ke tempat kerja atau belajar.

"Keberadaan angkutan umum pendukung ini belum bagus. Hal inilah yang membuat sebagian orang masih enggan menggunakan armada KA," katanya, belum lama ini.

Di sisi lain, keberadaan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) juga harus berhadapan dengan banyaknya kendaraan pribadi. Jarak Yogya-Solo yang relatif dekat membuat orang lebih terpola untuk naik kendaraan pribadi.

Angkutan umum memang tanggung jawab pemerintah yang penyelenggaraannya bisa diserahkan ke swasta.

"Namun, keberlangsungan usaha mereka perlu dijamin. Karena itu, manajemen pengelolaan yang bagus diperlukan. Saat ini banyak unit usaha angkutan umum yang bagus yang bisa menjadi contoh," imbuhnya.

Fajar memaparkan, kebanyakan pengusaha angkutan saat ini masih menerapkan manajemen yang konvensional.


Sumber

Jelajahi artikel menarik lainnya

PT INKA Raih Penghargaan Collaborative Marketing Strategy of The Year di ajang Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) 2025
PT INKA Raih Penghargaan Collaborative Marketing Strategy of The Year di ajang Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) 2025

Press Release No. 25/PR/INKA/X/2025PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancah nasional. Pada ajang yang diselenggarakan oleh Marketeers Editor’s Ch

6 Oktober 2025
Kunjungan Kerja Reses Komisi XI DPR RI ke PT INKA (Persero) - Menilai Efektivitas Pemanfaatan Penyertaan Modal Negara (PMN) bagi BUMN Strategis
Kunjungan Kerja Reses Komisi XI DPR RI ke PT INKA (Persero) - Menilai Efektivitas Pemanfaatan Penyertaan Modal Negara (PMN) bagi BUMN Strategis

Press Release No. 24/PR/INKA/X/2025Madiun, 3 Oktober 2025 — PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA menerima kunjungan kerja reses dari Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR R

3 Oktober 2025
PT INKA (Persero) & UGL Pty Ltd Jadi Nominee Rail Freight Excellence Award 2025 untuk Proyek KiwiRail Wagon Replacement Program
PT INKA (Persero) & UGL Pty Ltd Jadi Nominee Rail Freight Excellence Award 2025 untuk Proyek KiwiRail Wagon Replacement Program

Press Release No. 23/PR/INKA/IX/2025PT INKA (Persero) bersama mitra globalnya, UGL Pty Ltd, resmi masuk sebagai nominee Rail Freight Excellence Award 2025 pada ajang Rail Industry Awards yang digelar

1 Oktober 2025
Wakil Ketua MPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono Kunjungi PT INKA (Persero): Dorong Kemajuan Industri Manufaktur Perkeretaapian Nasional
Wakil Ketua MPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono Kunjungi PT INKA (Persero): Dorong Kemajuan Industri Manufaktur Perkeretaapian Nasional

Press Release No. 22/PR/INKA/IX/2025Madiun — Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Edhie Baskoro Yudhoyono, melakukan kunjungan kerja ke kantor PT Industri Kereta A

26 September 2025
rating
scroll