TOKYO - Pemilihan kereta peluru (Shinkansen) mendekati tahap keputusan dan bulan ini akan diputuskan oleh pemerintah Indonesia. Shinkansen Jepang dipilih karena banyak hal.
"Salah satu kehebatan penggunaan Shinkansen Jepang karena bukti pengalaman di dunia, sudah 51 tahun digunakan tak pernah sekali pun mengalami kecelakaan. Ini sangat penting .
Apakah Tiongkok punya catatan keamanan puluhan tahun tersebut? Bagaimana kualitas keretanya? Semua patut dipertanyakan di samping sistem teknis kereta juga berbeda dengan Indonesia," kata sumber Tribunnews.com, Rabu (5/8/2015).
Bukan hanya itu, dari segi keuangan, Tiongkok memberikan bunga lebih tinggi, yakni sekitar 2 persen. Jepang hanya 0,1 persen. Jangka waktu pinjaman pun lebih pendek, yakni hanya 25 tahun. Jepang memberikan jangka waktu pinjaman 40 tahun. Lalu Tiongkok menawarkan pinjaman sekitar 4 miliar dolar AS. Sedangkan Jepang menawarkan pinjaman sekitar 4,5 miliar dolar AS.
"Itulah yang terpenting soal uang. Kalau bunga besar repot bagi Indonesia untuk membayar kembali pinjaman tersebut," tambahnya.
Shinkansen yang akan dipakai di Indonesia adalah jenis E-7. Biaya tiket dihitung Rp 200.000 per orang. Menurut perhitungan pihak Jepang, dengan asumsi jumlah penumpang 44.000 orang per hari, maka pendapatan menjadi sekitar Rp 3,6 triliun di tahun pertama. Setelah sepuluh tahun, maka akan mencapai keuntungan.
Pembangunan dimulai tahun 2016 dan diharapkan 2019 sudah bisa dilakukan uji coba sehingga pada akhir tahun 2020 masyarakat Indonesia sudah bisa merasakan naik Shinkansen Jepang yang aman dan nyaman tersebut.
Jarak 180 km Jakarta-Bandung ditempuh hanya dalam waktu 36 menit. Proyek akan dilanjutkan untuk trayek Jakarta-Surabaya setelah Jakarta-Bandung tersebut selesai dioperasikan.
Kecepatan maksimal untuk Indonesia, demi keamanan, nantinya pada awal penggunaan diperkirakan hanya 300 km per jam. (*)
(sumber: medan.tribunnews.com)
Press Release No. 17/PR/INKA/VI/2025PT Industri Kereta Api (Persero) (INKA) menunjukan kontribusinya dalam pembangunan dan inovasi transportasi perkeretaapian nasional dengan berpartisipasi pada
Press Release No.16/PR/INKA/VI/2025Madiun - PT Industri Kereta Api (Persero) kembali memberangkatkan Kereta Rel Listrik (KRL) iE 305 trainset ke-2 (TS 2) ke tujuan akhir Depo Depok. Pengiriman dari St
Press Release No.15/PR/INKA/VI/2025Banyuwangi - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo melakukan peninjauan ke Pabrik INKA Banyuwangi untuk melihat kesiapan Pabrik Banyuwan
Press Release No.14/PR/INKA/V/2025Surabaya - PT INKA (Persero) turut berpartisipasi dalam gelaran Indonesia City Expo (ICE) ke-21 yang berlangsung di Grand City Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur p