15 Februari 2018

Pembangunan Infrastruktur LRT Tidak Perlu Pembebasan Lahan

Berita
Tahap sosialisasi pembangunan LRT

Pihak PT Adhi Karya memberikan sosialisasi pembangunan infrastruktur kereta cepat ringan atauLight Rail Transit (LRT) rute Grogol-Palmerah kepada warga dan dinas-dinas terkait lainnya.


Sosialisasi pembangunan dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) tersebut digelar, Jumat (16/10/2015) di Kantor Wali Kota Jakarta Barat.


"Pembangunan infrastruktur LRT ini tidak memerlukan pembebasan lahan milik warga. Jalur kereta dibuat di atas jalan arteri dan jalan tol yang membentang dari Palmerah sampai Grogol," ujar Pelaksana Harian Manager Proyek LRT PT Adhi Karya, Endar Tri Prakoso.


Endar menjelaskan jarak untuk memasang tiang pancang hanya diperlukan sekitar 2 meter.


Kemudian, pihaknya membuat jalur rel tanda selebar 8,5 meter.


Tinggi tiang pancang diperkirakan sekitar 10-15 meter dari permukaan jalan.


"Untuk desain sudah kami susun dan masih bisa berubah. Warga juga dapat memberikan usulannya terkait pembangunan ini," ucapnya.


Abidin yang merupakan perwakilan dari warga Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Berat mengatakan untuk selama di wilayahnya tersebut kerap kali dilanda kemacetan.


Abidin berharap, dengan adanya LRT ini dapat mengurai kemacetan karena warga dapat beralih ke moda tranportasi tersebut.


Namun dia mengimbau agar proses pembangunan infrastruktur LRT tidak merusak lingkungan di wilayahnya itu.
"Daerah Kemanggisan itu macetnya dari jam 7 - 12, males banget ke mana - mana macet terus. Tapi dengan pembangunan LRT ini semoga tak merusak lingkungan dan ditakuti malah bisa terjadi banjir," kata Abidin.


Siska dari perwakilan Sudin Tata Air Jakarta Barat pun menyebut agar pembangunan LRT itu tak mengganggu perluasan sungai. Karena jika mengganggu, debit air di sungai dapat berkurang dan pastinya akan menimbulkan banjir.


Jalur LRT tersebut akan dibangun secara betrayal setelah pembangunan rute utama Cawang-Cibubur dan Cawang-Bekasi Timur rampung.


Saat ditanya target pembangunan di koridor Grogrol-Palmerah, Endar mengaku, siapa prioritas pembangunan difokuskan pada dua koridor utama tersebut.


"Ya, fokus yang utama dulu Cawang-Cibubur targetnya beres, Oktober 2017, baru mulai ke koridor-koridor lainnya," pungkas Endar.


(sumber: wartakota.tribunnews.com)

Jelajahi artikel menarik lainnya

44 Tahun INKA, Indonesia Bisa Karya Anak Bangsa
44 Tahun INKA, Indonesia Bisa Karya Anak Bangsa

PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA menyelenggarakan upacara dalam rangka memperingati HUT ke-44 Tahun di Kantor Pusat Madiun dan Pabrik Banyuwangi, 29 Agustus 2025. Turut hadir Dewan Komisaris

29 Agustus 2025
PT INKA Sukses Gelar Pembukaan Relawan Bakti BUMN Batch VIII di Madiun
PT INKA Sukses Gelar Pembukaan Relawan Bakti BUMN Batch VIII di Madiun

PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT INKA kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung program sosial dan pemberdayaan masyarakat melalui penyelenggaraan Relawan Bakti BUMN Batch VIII. Acara pe

15 Agustus 2025
INKA Turut Hadir di RailwayTech Indonesia 2025
INKA Turut Hadir di RailwayTech Indonesia 2025

Press Release No. 18/PR/INKA/VII/2025Jakarta - PT Industri Kereta Api (Persero) bersama anak perusahaan dan afiliasi turut menjadi peserta dalam Pameran Railwaytech Indonesia 2025. Railwaytech Indones

28 Juli 2025
Satu Rangkaian KRL iE 305 Produksi INKA Kembali diberangkatkan ke Depo KRL Depok
Satu Rangkaian KRL iE 305 Produksi INKA Kembali diberangkatkan ke Depo KRL Depok

Press Release No. 18/PR/INKA/VII/2025Madiun - PT INKA (Persero) kembali memberangkatkan rangkaian KRL iE 305 yang akan mendukung transportasi umum berbasis rel untuk operasional di wilayah Jabodetabek

16 Juli 2025
rating
scroll