Peresmian Kereta Ekonomi AC Krakatau

12 December 2013

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi KA yang aman dan nyaman Kementerian Perhubungan kembali akan meresmikan pengoperasian kereta Ekonomi AC. Kereta Api Ekonomi AC produksi PT. INKA yang disebut dengan nama Kereta Api Krakatau ini nantinya akan melayani rute Madiun – Purwokerto – Pasar Senen  hingga  Merak.  Peresmian pengoperasian Kereta Krakatau ini dilakukan serentak di Stasiun Madiun dan Stasiun Merak.  Peresmian di Stasiun Madiun oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Bapak Tundjung Inderawan sedangkan peresmian di Stasiun Merak oleh Menteri Perhubungan Bapak E E Mangindaan.


Dalam sambutannya Dirjen Perkeretaapian Tunjung Inderawan mengatakan “Pengadaan Kereta Api Krakatau adalah salah satu  bukti Pemerintah untuk menjawab kebutuhan masyarakat khususnya transportasi melalui jasa kereta api. Kereta Api merupakan moda transportasi massal yang memiliki keunggulan dan efisien”.   Sementara itu Menteri Perhubungan mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan berkomitmen untuk menyediakan angkutan massal yang memadai untuk masyarakat luas


PT INKA sendiri sejak tahun 2010 telah meluncurkan kereta Ekonomi AC. Hal ini sejalan dengan program dari Kementerian Perhubungan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kereta api. Kereta Ekonomi AC yang baru memiliki konfigurasi tempat duduk 2 – 2 yang lebih longgar sehingga meningkatkan kenyamanan penumpang. Selain itu kereta ini juga dilengkapi dengan sistem toilet yang lebih ramah lingkungan serta dirancang untuk lebih memudahkan penyandang cacat. Untuk memudahkan penumpang, kereta api ini juga dilengkapi dengan papan informasi yang menunjukkan posisi kereta.


Kereta Krakatau ini akan diintegrasikan dengan angkutan antar moda penyeberangan Merak – Bakauheni. Hal ini tentunya akan semakin memudahkan penumpang dari jakarta maupun kota – kota lain yang hendak menggunakan penyeberangan Merak – Bakauheni, maupun bagi penumpang kapal yang akan melanjutkan perjalanan ke kota – kota lain.

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved