PT INKA: Ini Spesifikasi 150 Kereta Pesanan Bangladesh

25 November 2015

Delegasi Perkeretaapian Bangladesh bersama Direktur Komersial & Teknologi PT INKA (Persero) saat meninjau progress pengerjaan kereta untuk Bangladesh

MADIUN - Bangladesh Ministry of Railways dan Bangladesh Railways kemarin Jumat (20/11/2015) mengunjungi PT INKA (Persero), untuk memastikan perkembangan produksi 150 kereta api yang telah mereka pesan sebelumnya.


Perwakilan dari Bangladesh Ministry of Railways yakni Secretary in-Charge/ pejabat setingkat di bawah Menteri, Md. Feroz Salah Uddin. Delegasi dari Bangladesh Railway terdiri dari Md. Amzad Hossain (Director General/ setingkat Direktorat Jenderal), Md. Khalilur Rahman (Additional Director General/ RS), Md. Iftikhar Hossain (Chief Mechanical Engineer/ Development & Project Director) dan Pradip Kumar Saha (Director (Establishment)).


"Kunjungan mereka adalah untuk melihat progres produksi pesanan 100 kereta MG (Meter Gauge) dan 50 kereta BG (Board Gauge)," kata Direktur Komersial dan Teknologi PT Inka Yunendar Aryo Handoko, Sabtu (21/11/2015).


Dia mengatakan spesifikasi umum kereta pesanan Bangladesh itu. Perbedaan kereta MG dan kereta BG itu terletak pada lebar track (jarak 2 rel) yang akan digunakan.


Untuk kereta MG digunakan pada track dengan lebar 1,000 mm sedangkan kereta BG digunakan pada track dengan lebar 1,676 mm.


Masing-masing tipe tersebut akan dirangkaikan beberapa jenis kereta, baik yang menggunakanair conditioned (AC) maupun tidak (non-AC), yakni WJC (kereta tidurAC), WJCC (kereta penumpang/passenger car AC), WFC (kereta tidurnon-AC), WEC (kereta penumpang non-AC), WPC (kereta pembangkit), dan WECDR (kereta makan).


Kapasitas penumpang untuk kereta jenis MG berjumlah 55 seats untuk tipe WJCC (ber-AC) dan 60seats untuk tipe WEC (non-AC). Sedangkan kereta jenis BG memiliki kapasitas sebanyak 90 seats,baik untuk tipe WJCC (ber-AC) maupun WEC (non-AC).


Kunjungan kali ini merupakan kedua kalinya setelah Januari 2015 lalu. Rencana pengiriman kereta ke Bangladesh tahap pertama dijadwalkan Februari 2016 mendatang dengan rangkaian kereta MG yang terdiri dari 11 WEC, 2 WECDR, 1 WPC dan 1 WFC.


PT Inka merupakan pemenang tender pengadaan kereta penumpang Bangladesh Railway yang nilai kontraknya US$ 73 juta. Adapun peserta tender lainnya yakni dari China (CNR Tangshan dan CSR Nanjing Puzhen) dan India (Rites India). PT INKA (Persero) sebelumnya juga pernah men-deliver 50 kereta BG ke Bangladesh pada 2006.


Dengan kapabilitas dalam memenuhi permintaan kereta dari luar negeri, diharapkan PT INKA (Persero) juga tetap dipercaya memenuhi pengadaan kereta dalam negeri. PT INKA (Persero) juga pernah memenuhi pesanan kereta ke luar negeri lainnya meliputi Malaysia,Singapura, Thailand, Filipina hingga Australia.


(sumber: industri.bisnis.com)

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved