Jokowi Minta Pembangunan LRT Dikebut

22 May 2015

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan agar pembangunan transportasi masal jenis Light Rapid Transit (LRT) segera dikebut. LRT ini akan mengelilingi Jabodetabek dan untuk tahap awal dibangun dari Bogor ke Jakarta.


Keputusan ini merupakan hasil rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Jokowi bersama para menteri terkait dan petinggi BUMN Karya di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (20/5/2015).
"Minta secepatnya," kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono menambahkan, pemerintah sudah memberikan izin kepada PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) untuk menggarap LRT. ADHI merupakan BUMN yang ditunjuk sebagai pelaksana proyek tersebut.


"Pembebasan lahan enggak pakai. Karena makai jalur di tol. Dari Bogor sampai ke Cawang, Cawang sampai ke Dukuh Atas. Kemudian dari Bekasi juga ke Cawang, Cawang ke Dukuh Atas. Jadi pakai jalur tol," jelasnya.
Sementara itu, Direktur Utama ADHI Kiswodarmawan mengatakan, Jokowi meminta Jabodetabek semua dilalui oleh transportasi ini.


"Jabodetabek berarti Bogor menuju Jakarta dalamnya lewat Cawang. Lalu Bekasi lewat tepinya tol menuju ke tol kota, diharapkan sampai bandara Soekarno-Hatta," sebutnya.


Untuk investasi proyek LRT ini dari Bogor ke Dukuh Atas diperkirakan menelan Rp24 triliun sepanjang 72 km. Investasi ini belum termasuk untuk membangun LRT hingga Bandara Soetta.


"Investasi per km LRT mencapai Rp 200 miliar-Rp 300 miliar. Investasi ini sudah termasuk kereta dan rel. Rencananya jalur ini akan melayang atau elevated," paparnya.


Untuk mendukung pendanaan, ADHI berharap ada Peraturan Presiden (Perpres) penunjukkan untuk proyek ini. Sehingga BUMN ini mudah mendapatkan pinjaman untuk pendanaan proyek.
"Saya berharap Perpres keluar Mei ini," tukasnya.


Pemancangan tiang pertama alias groundbreaking proyek ini akan dilakukan pada 17 Agustus 2015. Ini untuk rute Bogor-Cawang-Dukuh Atas. Proyek ini ditargetkan selesai 2018. Tarif per kilometer sekitar Rp1.000.
sumber:

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved