Kunjungan Kerja PT INKA (Persero) dan Kementerian BUMN ke Madagaskar

17 September 2019

PT INKA, PT Industri Kereta Api (Persero), merupakan perusahaan milik negara yang berfokus pada manufaktur sarana kereta api. Produk-produk PT INKA antara lain EMU (Electric Multiple Unit), DMU (Diesel Multiple Unit), DEMU (Diesel Electric Multiple Unit), LRT, MRT, kereta penumpang dan berbagai tipe gerbong barang. Produk-produk PT INKA telah tersebar baik di dalam negeri ataupun untuk ekspor ke luar negeri seperti Bangladesh,
Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Australia.

PT INKA melalui konsorsium BUMN transportasi perkeretaapian untuk wilayah Afrika, IRDIA (Indonesia Railway Development Incorporated for Africa), yang terdiri dari PT INKA, PT Wijaya Karya, dan PT LEN berkeinginan melakukan kerjasama pengembangan bidang transportasi perkeretaapian di Madagaskar. Proyek awal adalah proyek transportasi hasil pertambangan berupa chrome ore yang akan diangkut dari daerah tambang (Brieville) ke pelabuhan, (Tamatave port) sejauh 220 km dengan menggandeng KRAOMA SA (BUMN tambang Madagaskar) sebagai mitra. Sebagai tahap awal akan dilakukan MoU sebagai dasar pelaksanaan awal kegiatan kerjasama bisnis.

PT INKA sebagai salah satu anggota delegasi RI ke Madagaskar telah melakukan billateral meeting dengan Kementerian Transportasi, Pariwisata & Meteorologi Madagaskar, Kementerian Pertambangan & Sumber Daya Strategis Madagaskar, dan Kementerian Perindustrian, Perdagangan & Kerajinan Tangan Madagaskar, selain itu dilakukan pula courtessy call dengan Presiden Madagaskar. Pada kesempatan tersebut PT INKA telah memaparkan perihal informasi perusahaan dan rencana kerjasama proyek angkutan tambang di Madagaskar. Kerjasama tersebut akan memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak yaitu dalam hal, pengembangan infrastruktur, kemampuan penyerapan tenaga kerja, efisiensi angkutan tambang dan efek tambahan ekonomi lainnya.

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved