Badan Siber dan Sandi Negara beri pelatihan Asistensi Sistem Informasi Keamanan ke PT INKA (Persero)

26 November 2019

Sebagai instansi pemerintah Republik Indonesia yang bergerak di bidang Keamanan Informasi dan Keamanan Siber, BSSN hadir di PT INKA (Persero) untuk memberikan sosialisasi Computer Security Incident Response Team (CSIRT) kepada karyawan PT INKA (Persero).

CSIRT sendiri adalah organisasi atau tim yang bertanggung jawab untuk menerima, meninjau dan menanggapi laporan dan aktivitasi insiden keamanan siber. Tujuannya adalah untuk melakukan penyelidikan komprehensif dalam perlindungan sistem kemanan siber serta melakukan pencegahan melalui perencanaan mitigasi, keterlibatan aktif serta peninjauan keamanan informasi organisasi.

Informasi keamanan siber yang menjadi fokus utama dari pelatihan ini merupakan kejadian yang mengganggu atau mengancam berjalannya sistem elektronik atau infrastruktur Informasi kritikal bagi layanan publik. Beberapa bentuk ancaman keamanan siber antara lain : cyber war, cyber espionage, cyber crime, hacking, hactivism dan cyber terrorism. Ancaman-ancaman tersebut muncul dalam berbagai bentuk dan jenis, antara lain : fraud, sabotase, pembajakan akun, pencurian data identitas, pencurian password, phising, spam dan masih banyak lagi.

Tidak terbatas pada pemberian materi yang monoton, tim BSSN juga mengajak audiens untuk mengenal lebih detail beberapa contoh kasus nyata. Diantaranya adalah membedakan beberapa address website yang asli dan phising (palsu) serta membedah potensi kebocoran informasi yang mungkin bisa terjadi pada sistem keamanan informasi di PT INKA (Persero).

Diharapkan melalui pelatihan asistensi ini, karyawan INKA memiliki mental kehati-hatian dalam mengelola, memanfaatkan dan menyimpan informasi siber perusahaan.

Kunjungan BSSN di sambut langsung oleh Direktur Keuangan dan SDM PT INKA (Persero).
Agenda dibuka oleh Direktur Penanggulanagan dan Pemulihan Infrastruktur Informasi Kritikal Nasional, Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN, Bapak Daddy Estoe Widodo, S.IP., M.Si.

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved