Argo Bromo Anggrek

23 May 2014

Argo Bromo Anggrek merupakan produk pengembangan dari generasi Argo Bromo. Argo Bromo Anggrek yang dikenal sebagai JS-852 diluncurkan pada tanggal 24 September 1997. Arti dari JS-852 sendiri adalah Jakarta – Surabaya ditempuh dalam waktu 8 Jam dan diluncurkan saat HUT RI ke 52 Tahun. Argo Bromo Anggrek ( ABA ) dirancang lebih elegan dan nyaman di banding pendahulunya. Kereta ini menggunakan Pegas udara agar goncangan kereta menjadi lebih halus. Bogie yang di gunakan ini merupakan tipe K9 atau Bolsterless bogie dengan lisensi ALSTOM. Selain itu badan kereta juga agak melebar di tengah serta kaca dengan warna gelap. Ciri khas rangkaian KA Argo Anggrek adalah jendela hitam yang memanjang, warna cat putih dengan stripping merah jambu serta gambar bunga anggrek.
Interior ABA JS-852 lebih elegan dan futuristik dibandingkan dengan generasi Argo Bromo JS-950. Kursi yang di pakai juga berbeda dimana pada ABA terdapat sandaran kaki yang dapat membuat penumpang lebih nyaman dan rileks selama dalam perjalanan.


Toilet pada ABA juga lebih lebar dan terletak pada salah satu ujung kereta  di antara bordess dan sambungan sehingga tidak memakan ruang penumpang , tidak seperti pada Argo Bromo yang  masih menyatu dengan ruang penumpang. Pintu keluar juga dirancang berbeda dari Argo Bromo, yaitu menggunakan pintu sliding yang akan bergeser kearah samping jika tombol pembuka pintu di tekan. Kemewahan interior ABA juga ditambah dengan desain dinding antar jendela yang berbeda  yaitu lebih menggelembung, tidak flat rata seperti pada Argo bromo dan Kereta Eksekutif lainnya.
Pada waktu itu sempat juga diluncurkan ABA kelas KZ, yaitu layanan yang lebih tinggi dari kelas eksekutif.  Kelas ini menawarkan kenyamanan yang lebih serta Fitur lainnya yaitu fasilitas internet dengan terpasangnya computer desktop dalam KA. Kelas KZ di rangkaikan dalam perjalanan regular ABA.


Pada awalnya rangkaian khas ABA hanya di jalankan dengan rute Surabaya – Jakarta saja. Namun dalam perkembangannya, rangkaian ini ternyata juga digunakan untuk layanan KA Argo Lawu dengan rute Solo – Jakarta. Namun karena sering terjadi anjlok akhirnya rangkaian ini di mutasi ke Semarang dan dipakai untuk KA Argo Sindoro atau KA Argo Muria II dengan rute Semarang – Jakarta.
Setelah beroperasi selama kurang lebih 13 tahun, rangkaian ABA mulai di lakukan perbaikan dan retrofit. Dari proses ini Stripping ABA berubah dari warna awal menjadi warna ungu. Sementara interior tidak berubah secara signifikan namun diperbaiki sehingga tampak kembali seperti saat baru.


Pada bulan Juli 2010, Rangkaian KA Argo Bromo Anggrek mengalami Anjlok dan terguling di Stasiun Manggarai  setelah sebelumnya rangkaian ini juga kerap anjlok beberapa kali. Akibat insiden ini, seluruh rangkaian ABA ditarik dari operasional. Sebagian rangkaian ditarik masuk ke dalam PT.INKA. PT INKA Kemudian mengembangkan bogie baru yang merupakan perbaikan dari bogie lama dan juga mengusulkan perubahan corak warna dan stripping kereta dari ungu menjadi hijau dan diberi nama Argo Bromo Anggrek ( ABA ) “Go Green”. Namun proses perubahan serta perbaikan kereta sebagian besar dilakukan di luar PT.INKA yaitu di Balai Yasa Gubeng. PT INKA hanya mengerjakan proses modifikasi Bogie beserta pemasangannya. Setelah vakum selama beberapa lama, akhirnya pada musim mudik lebaran 2011, rangkaian ABA Go Green di jalankan kembali walau hanya sebagian dari keseluruhan armada ABA. Ciri khas ABA Go Green adalah warna hijau dan gambar daun dengan tulisan “Go Green”. ABA Go Green juga dilengkapi dengan Toilet Ramah Lingkungan.


Pada tahun 2013, PT INKA kembali melakukan rehab pada 1 Kereta ABA Go Green. Perubahan yang dilakukan adalah mengganti kursi dan interior atas termasuk rak bagasi. 1 Kereta ini kemudian mulai di jalankan pada awal tahun 2014 ini untuk di uji cobakan dan di rangkaikan pada perjalanan KA ABA regular.  Diharapkan rehab ini bisa meningkatkan kenyamanan serta keamanan penumpang selama perjalanan.

Interior ABA JS-852 (sumber : website PT.KAI tahun 2006)

ABA kelas KZ, Nampak ruang Komputer di belakangnya

Stripping ABA Go Green

Stripping baru untuk New Argo Bromo Anggrek

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved