Peluncuran Program Manufacture Institute PT INKA (Persero)

13 November 2020

Jumat, 13 November 2020, Dirjen Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kemendikbud RI, PT INKA (Persero), Politeknik Negeri Madiun dan SMK Binaan PT INKA (Persero) menandatangani perjanjian kerjasama peluncuran Program Manufacture Institute PT INKA (Persero) sekaligus Peluncuran Program SMK - Diploma 2 Jalur Cepat, Program Peningkatan Prodi Diploma 3 Menjadi Sarjana Terapan. Program Manufacture Institute ini merupakan penugasan dari Kementerian BUMN, dalam rangka mengembangkan kapasitas dan kompetensi SDM lulusan SMK/vokasi serta mempersiapkan talent-talent di masa depan yang lebih produktif dan kompetitif. Selain itu, program ini merupakan salah satu wujud nyata peran industri dalam rangka link and match antara dunia pendidikan dan dunia industri.

Salah satu realisasi dari program Manufacture Institute ini adalah Program Peningkatan Prodi Diploma 3 Menjadi Sarjana Terapan dan Program SMK - Diploma 2 Jalur Cepat yang dalam waktu dekat ini akan dibuka yaitu Program Studi D2 Pembentukan Logam. Sebagai pilot project, PT INKA (Persero) akan menggandeng Politeknik Negeri Madiun dan SMK PGRI 1 Mejayan. Kedepan, PT INKA (Persero) berencana untuk memperbanyak cakupan program studi D2 secara bertahap dan tentunya akan bisa diikuti oleh seluruh SMK Binaan PT INKA.

Sebagai industri yang terus berkembang, PT INKA berkomitmen untuk turut serta memajukan dunia pendidikan melalui program-program vokasi yang telah dan sedang berjalan, diantaranya:
1.Kelas Teaching Industry yang telah berjalan sejak tahun 2019;
2.Magang bagi mahasiswa dan dosen;
3.Program Penelitan dan Pengembangan antara INKA dan Perguruan Tinggi; dan
4.Pemberdayaan SMK melalui Program Lengan Produksi INKA.

Sementara itu dalam video telekonferensi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia berpesan, “Melalui program ini, siswa bebas memilih lulus di akhir tahun ketiga atau melanjutkan ke Diploma Dua jalur cepat. Lalu melalui Program Peningkatan Prodi Diploma Tiga menjadi Sarjana Terapan (Diploma Empat-D4), peserta didik berkesempatan menambah satu tahun untuk mendapatkan keterampilan yang lebih dalam sehingga berpeluang mendapatkan pekerjaan yang lebih baik,”

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT INKA (Persero) menyampaikan harapan untuk Program Manufacture Institut, Program Peningkatan Prodi Diploma 3 Menjadi Sarjana Terapan dan Program SMK - Diploma 2 Jalur Cepat ini akan menjadi terobosan dibidang pendidikan vokasi yang nantinya akan melahirkan lulusan-lulusan yang berjiwa profesional dan kompeten sesuai kebutuhan dunia industri di masa depan.
.
.
.
#SMKHebat
#MerdekaBelajar
#ManufactureInstitute

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved