INKA, Kab. Tulang Bawang Barat dan ITERA teken MoU

11 February 2021

Direktur Pengembangan PT INKA (Persero) Agung Sedaju bersama  Jajaran Pejabat Pemerintah Kab. Tulang Bawang Barat dan Institut Teknologi Sumatera dalam acara MoU yang diselenggarakan secara daring (11/2)

PT INKA (Persero) kembali melakukan kerja sama dengan dua pihak sekaligus yakni Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Intitut Teknologi Sumatera (ITERA) secara daring (11/2). Kerja sama tersebut diselenggarakan dalam rangka mengembangkan moda transportasi berbasis listrik namun tetapi tidak terbatas pada trem listrik, bus listrik, micro bus, dan perahu listrik di wilayah Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat atau wilayah lainnya.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Pengembangan PT INKA (Persero) Agung Sedaju, Bupati Tulang Bawang Barat H. Umar Ahmad S.P. dan Rektor Itera Prof. Ir. Ofyar Zainuddin Tamin, M.Sc., Ph.D., IPU.  Turut hadir pula Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro.

Direktur Utama PT INKA (Persero) mengatakan bahwa MoU (memorandum of understanding) antara Pemerintah Kab. Tulang Bawang Barat dengan PT INKA (Persero) beserta ITERA adalah MoU ketiga, sejak pertama kali MoU dengan Pemerintah Provinsi Bali (Perusda) dan kedua MoU dengan Kota Batu Jawa Timur untuk mengembangkan sistem transportasi pariwisata berbasis listrik seperti bus listrik, trem baterai dan cable coach.

"Di Tulang Bawang Barat nanti rencananya juga akan aada kapal-kapal untuk transportasi seperti angkutan sungai (penyeberangan). Nanti INKA bisa membantu mensuplai penggeraknya yang mana kita akan kembangkan” tutur Budi.

Bupati Tulang Bawang Barat, H. Umar Ahmad S.P. menambahkan, dengan MoU ini, pihaknya berharap PT INKA (Persero) dan ITERA akan menemani perjalanan Tulang Bawang Barat menuju masa depannya.
“Tubaba tidak sekedar singkatan dari Tulang Bawang Barat tapi juga menjadi Tubaba sebagaimana yang kami cita-citakan. Sekali lagi kami sangat bersyukur, ITERA dengan INKA bisa menemani perjalanan Tulang Bawang Barat ini menuju Tubaba,” jelas Umar.

Rektor ITERA ‎Prof., Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc (Eng) dalam sambutannya mengatakan bahwa ITERA merasa bangga karena telah diikutsertakan dalam pengembangan ini.

“ITERA adalah suatu perguruan tinggi yang masih muda dan sudah dipercaya untuk bisa ikut membantu. ITERA sebagai institut teknologi nasional yang pertama di Sumatera yang bertekad dan yang bercita-cita menjadi excellent serta apa yang ada di ITERA ini memang kita dedikasikan untuk Sumatera. Jadi kami bercita-cita juga untuk menjadi pemecah masalah, hal-hal yang dibutuhkan oleh Sumatera bukan hanya untuk TUBABA (Tulang Bawang Barat) namun untuk masyarakat Sumatera,” jelas Ofyar.

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved