Kereta New Generation Produksi PT INKA Resmi Dioperasikan

13 December 2023

Kereta Argo Dwipangga produksi PT INKA (Persero)

Rangkaian kereta Api Argo Dwipangga relasi Stasiun Gambir - Solo Balapan (PP) produksi PT INKA (Persero) resmi dioperasikan PT KAI (Persero), Rabu 13 Desember 2023. Rangkaian kereta tersebut  terdiri dari kereta jenis "New Generation", baik untuk kelas eksekutif maupun Luxury. Susunan pada rangkaian kereta ini terdiri dari 7 kereta kelas Eksekutif, 3 kereta kelas Luxury, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit. Rangkaian ini merupakan realisasi kontrak 612 kereta Eksekutif dan 11 kereta Luxury saat dilaksanakan di Banyuwangi, 9 Maret 2023 lalu.

“Kami bangga atas diresmikannya operasional kereta Argo Dwipangga New Generation. Hal ini tentu sinergi yang luar biasa antara PT INKA (Persero) dengan PT KAI (Persero) untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan setia kereta api," ungkap Senior Manager Humas dan Kantor Perwakilan PT INKA (Persero) Agung Dwi Cahyono.

Agung menyampaikan, peningkatan pelayanan tersebut salah satunya dapat terlihat dari peningkatan fasilitas dan tampilan sarana kereta Argo Dwipangga tersebut.

"Kereta ini sudah dilengkapi dengan pintu  elektrik otomatis baik pintu masuk maupun pintu antar kereta/bordes. Antar kereta sendiri juga telah dilengkapi corrugated bellow yang membuat kekedapan suara semakin baik, disamping tempered double glass untuk bagian kaca jendela," jelas Agung.

Agung menambahkan, untuk mempermudah penumpang mengetahui informasi perjalanan, pada setiap kereta disematkan Passenger Information Display System (PIDS) yang menampilkan keterangan kecepatan yang sedang ditempuh, suhu ruangan kereta, informasi stasiun terdekat, tentunya dengan tampilan yang lebih modern. Di setiap kereta juga telah dilengkapi dengan kamera pengintai atau CCTV sehingga dapat menambahkan rasa aman kepada penumpang.

Belum berhenti di situ, Agung menuturkan, penumpang juga dimanjakan dengan dukungan isi daya untuk gadget (USB port charging) dan untuk toilet, setiap kereta difasilitasi 2 toilet yang terpisah untuk laki-laki dan perempuan. Tidak hanya kereta penumpang, wajah baru juga tampak pada tampilan interior kereta makan dengan aksen kayu sehingga lebih elegan.

Eksterior Kereta Eksekutif Argo Dwipangga New Generation
Eksterior Kereta Luxury New Generation
Interior Eksekutif Argo Dwipangga New Generation
Interior Kereta Luxury New Generation
Kereta makan New Generation
 Fitur kereta New Generation: PIDS yang menampilkan keterangan kecepatan yang sedang ditempuh, suhu ruangan kereta, informasi stasiun terdekat dengan tampilan yang lebih modern. Ada pula CCTV, dan layar monitor penunjuk informasi yang lain seperti Costumer Service on Train (CSOT)

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved