Kereta Kelas Ekonomi New Generation Produksi INKA Resmi Dioperasikan

26 March 2024

Interior Kereta New Generation Kelas Ekonomi Produksi PT INKA (Persero)

Rangkaian Kereta Majapahit New Generation relasi Stasiun Pasar Senen - Malang (Pulang Pergi) produksi PT INKA (Persero) resmi dioperasikan PT KAI (Persero), mulai Senin 25 Maret 2024. Stamformasi (susunan rangkaian) kereta ini menggunakan kereta jenis K3 (Ekonomi) dengan carbody Stainless Steel yang terdiri dari 8 kereta kelas ekonomi, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit.

Senior Manager Humas dan Kantor Perwakilan PT INKA (Persero) mengatakan bahwa peningkatan kereta pada kelas ekonomi ini menjadi sinergi yang baik. “Kami bangga atas diresmikannya operasional kereta Majapahit New Generation. Hal ini tentu menjadi sinergi yang luar biasa antara PT INKA (Persero) dengan PT KAI (Persero) untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan setia kereta api terutama kelas ekonomi,” jelas Agung.

Agung menyampaikan, peningkatan fasilitas pada kelas ekonomi ini dirasa sangat signifikan dari generasi sebelumnya terutama pada bagian kursi. Kereta ekonomi yang sebelumnya berkapasitas 106 kursi dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus dan saling berhadapan. Kapasitas Kereta ekonomi New Generation saat ini menjadi 72 kursi sehingga jarak antar kursi menjadi lebih leluasa dengan formasi 2-2. Kursi juga dapat disesuaikan kemiringan kursinya (reclining) dan diputar menyesuaikan dengan arah laju kereta (revolving).

Ia menambahkan keunggulan lain dari Kereta Ekonomi New Generation ini sudah dilengkapi pintu elektrik otomatis baik pada pintu masuk penumpang maupun pintu antar kereta/bordes. Gangway pada kereta menggunakan corrugated bellow yang mampu meredam noise lebih baik dari penggunaan rubber bellow pada kereta ekonomi sebelumnya. Rangkaian kereta ini juga sudah dilengkapi fasilitas tempat sholat dan wudhu sehingga penumpang dapat lebih nyaman dalam menjalankan ibadah sholat selama dalam perjalanan.

Tidak hanya itu, pada setiap kereta sudah disematkan Passenger Information Display System (PIDS) untuk memberikan informasi dalam perjalanan. Serta dilengkapi CCTV pada setiap kereta sehingga dapat menambahkan rasa aman kepada penumpang. Fasilitas 2 toilet yang terpisah antara laki-laki dengan perempuan untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan.

“Pada Kereta Ekonomi New Generation ini bukan hanya kereta penumpang yang diperbarui. Kereta makan juga turut diperbarui menjadi lebih mewah dengan interior bercorak batik yang premium dengan aksen kayu dengan pencahayaan yang lebih elegan, sehingga penumpang akan lebih nyaman dan merasakan kesan yang berbeda meskipun pada kereta kelas ekonomi,” tambah Agung.

Kapasitas 72 kursi dengan formasi 2-2 dilengkapi fasilitas reclining dan revolving
Kereta makan dengan interior yang lebih mewah
Tempat sholat yang lebih nyaman

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved